MEMPAWAH_Kementerian Agama Kabupaten Mempawah pada Tahun 2017 (1438 H) melaksanakan ibadah Qurban, sebagaimana yang telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. “Pada tahun ini ada sebanyak 23 ekor sapi ditambah 2 ekor kambing”, hal ini diungkapkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah Hj. Isriyah diruang kerjanya.

Menurut Hj. Isriyah keinginan pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah untuk melaksanakan Qurban cukup tinggi, sehingga hampir seratus persen pegawai dengan penuh kesadaran melaksanakan Qurban setiap tahunnya, walapun masih bersifat saling berkelompok sebanyak 7 orang setiap 1 ekor. Hal tersebut dilaksanakan sebagai manifestasi ibadah untuk mendekatkan kepada Allah SWT, selain itu dalam rangka melaksanakan anjuran Allah SWT. Dalam Al Qur’an Surat Al Kautsar ayat 1 s.d 3.

Adapun sebaran qurban tersebut, 20 ekor sapi berasal dari qurban semua pegawai yang ada di lingkungan Satker Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah, 2 ekor sapi dari Satker MTsN Mempawah Hilir, 1 ekor Sapi dari Satker MTsN Sungai Pinyuh, dan 2 ekor kambing dari Satker MAN Mempawah.

Untuk Pelaksanakan Qurban pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah dilaksanakan pada hari Sabtu 2 September 2017, bertepatan dengan tanggal 11 Dzulhijjah 1438 H dengan jumlah sebanyak delapan ekor, sementara selebihnya pelaksanaan pemotongannya dilakukan pada masing-masing Kantor KUA Kecamatan, seperti KUA Kecamtan Toho, Anjongan, Sui Pinyuh, Mempawah Hilir, Segedong, Siantan, dan Sungai Kunyit.

Sementara itu, untuk pembagian daging Qurban disampaikan oleh masing-masing pegawai kepada yang berhak menerimanya, selain itu ada juga yang pendistribusiannya didistribusikan kepada pengurus Masjid, Pondok Pesantren, Majlis Zikir, Panti Asuhan dan sebagian kepada beberapa Ormas Islam seperti PMII dan GP Ansor.

Ketua panitia Qurban Agus Lukito mengatakan bahwa pelaksanaan Qurban di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Mempawah berjalan dengan tertib dan lancar, mulai dari tahap pencarian hewan Qurban, tahap pendataan calon penerima daging hewan Qurban, hingga pelaksanaan pemotongan serta pembagiannya, menurutnya untuk kedepan perlu ditingkatkan lagi, terutama yang berkaitan dengan jumlah hewan Qurban. (Rudi_Mpw).

Berita: