Dalam mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang ada pada seluruh Satuan Kerja (Satker) diwilayah kerjanya, maka Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Barat melalui Sub. Bagian Informasi dan Hubungan Masyarakat (Inmas) melakukan Monitoring dan Evaluasi pada Kantor Kemenag Kabupaten Ketapang, Kamis, (23/03).

Tim dari Subbag Inmas Kanwil Kemenag Kalbar yang dipimpin oleh Dra Hj. Sangadah selaku Kasubbag Inmas tersebut diterima langsung kedatangannya oleh Plt Kepala Kantor Kemenag Ketapang Drs. H. As’ad Afifi diruang kerjanya seraya mengucapkan selamat datang kepada Tim Monev tersebut.

Dalam pertemuan tersebut Sangadah menyampaikan manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam melayani masyarakat secara online, sehingga program Kemenag dapat dikases kapab dan dimana saja berada sehingga keinginan Kakanwil dalam mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik terlaksana.

“Tujuan Monev ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan TIK dan peran Pejabat Pengelola Informasi Publik (PPID) diseluruh Satker Kemenag Kab/Kota, di Kalimantan Barat,” jelas Sangadah.

Sangadah berharap agar melalui pertemuan Monev tersebut, Kantor Kemenag kabupaten Ketapang bisa lebih aktif lagi dalam memanfaatkan TIK sebagai media informasi baik berupa berita tentang kegiatan Kemenag maupun penyajian data yang dapat diakses melalui aplikasi yang tersedia di Website.

Mewakili Kepala KanKemenag Ketapang, As’ad Afifi bersyukur hingga saat ini perangkat TIK sangat membantu dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari, dan bukan hanya sekedar untuk pengoptimalan khusus Tim TIK dalam menyajikan dan mendokumentasikan kegiatan, namun TIK ini turut membantu pekerjaan di setiap Seksi

Sebagaimana di Kabupaten lain, salah satu anggota Tim Monitoring Kemenag Kalbar yang menjabat sebagai  Pranata Komputer Kanwil Kemenag Kalbar Fajrin ST menuturkan bahwa mulai tahun 2017, Kanwil Kemenag se-Indonesia diberikan kesempatan oleh PHD Kemenag RI untuk membuata Website Mandiri Sehingga pada awal tahun itu pula (2017) Kanwil Kalbar telah membuat website sendiri dengan memaksimalkan SDM yang ada.

“Pada tahun ini (2018) kami juga akan memberikan kepercayaan kepada Kan Kemenag Kabupaten Kota se-Kalimantan Barat untuk bisa membuat Website Mandiri, dengan catatan tersedianya SDM dan jaringan internet setempat memadai, sehingga website yang akan dibuat tetap ter-update beritanya setiap hari,” jelas Fajrin.

Ia menambahkan, Inmas Kanwil Kemenag Kalbar juga akan membantu dalam pembuatan Website Mandiri tersebut sehingga admin website di Kemenag Kabupaten/Kota cukup mengisi kolom/konten yang tersedia di website yang telah dibuat seperti kolom berita, profil, foto, informasi penting, dan lain-lain. (Ir-Inmas)