Kantor Kemenag Kota Pontianak, melalui Seksi Pendidikan Agama Islam (PAI) telah melakukan pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) PAI PNS Kota Pontianak untuk Triwulan II. Pembayaran dilakukan untuk periode April sampai Juni 2017, dengan total pembayaran sebesar RP.3.952.608.500,- (tiga milyar sembilan ratus lima puluh dua juta enam ratus delapan ribu lima ratus rupiah). Pembayaran TPG atau tunjangan sertifikasi tersebut dibayarkan melalui DIPA Kantor Kemenag Kota Pontianak Tahun Anggaran 2017.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Seksi PAI Kantor Kemenag Kota Pontianak Drs H Ahmad Hanafi MSi di ruang kerjanya, Senin (7/8/2017). Menurut Hanafi, begitu ia biasa disapa, pembayaran tunjangan sertifikasi untuk Guru PAI PNS telah dibayarkan sejak minggu pertama Bulan Juli 2017. Adapun total TPG atau tunjangan sertifikasi tersebut dibayarkan untuk 313 Guru PAI PNS Kota Pontianak, termasuk untuk enam pengawas PAI di lingkungan Kemenag Kota Pontianak.

Mantan Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kota Pontianak ini juga mengatakan bahwa tunjangan sertifikasi untuk Guru PAI PNS Kota Pontianak ini seperti tahun-tahun sebelumnya dibayarkan setiap tiga bulan sekali. Pembayaran TPG dibayarkan langsung ke rekening Guru PAI yang bersangkutan. Adapun besar jumlah TPG yang dibayarkan setiap bulan berdasarkan besar gaji pokok guru yang bersangkutan, jelas Hanafi ramah.

Ketika dimintai keterangan terkait TPG PAI Non PNS, Hanafi mengatakan bahwa untuk sementara tunjangan sertifikasi Guru PAI Non PNS baru bisa dibayar untuk tiga bulan (Periode Januari sampai Maret 2017). Hal tersebut dikarenakan anggaran yang tersedia di DIPA Kantor Kemenag Kota Pontianak tidak mencukupi untuk dibayar sampai enam bulan. Sedangkan kekurangannya masih menunggu relokasi anggaran dari Kanwil Kemenag Kalbar, jelas Hanafi singkat.*(Sumi/Ptk)

Berita: