SINGKAWANG. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang Drs. H. Nahruji, M.Si menghimbau dan mengajak seluruh warga masyarakat Kota Singkawang untuk meningkatkan keimanan dan toleransi antar umat beragama menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1439 H dan menghimbau umat Islam untuk meningkatkan amal ibadah selama bulan suci tersebut guna memperoleh pahala dan derajat taqwa yang telah dijanjikan Allah SWT. Himbauan tersebut disampaikan pada saat Nahruji hadir sebagai narasumber pada kegiatan Forum Group Discussion atau Diskusi Kelompok Terfokus pada Senin (14/5).

Diskusi Kelompok Terfokus ini diselenggarakan oleh Kepolisian Resor (Polres) Kota Singkawang bertempat di Gedung SUNMOON yang terletak dijalan Kalimantan Kota Singkawang. Adapun tema yang di angkat pada diskusi ini yaitu: “Sambut Ramadhan 1439 H dan Sukseskan Pilkada 2018 dengan Aman dan Damai menuju Singkawang Hebat.

Pada kesempatan itu, Nahruji juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga ukhuwah Islamiyah dengan tidak menyampaikan materi kultum dan ceramah yang berkenaan dengan masalah khilafiyah serta hal-hal yang merusak persatuan dan kesatuan. Ia mengajak seluruh warga untuk bersatu padu menahan diri agar tidak terpropokasi serta menggalang solidaritas kemanusian sekaligus menolak segala bentuk kekerasan dengan mempercayakan sepenuhnya pada aparat keamanan untuk menanganinya. “Jika mendapati peristiwa sekecil apapun yang menjurus pada radikalisme dan terorisme, agar segera laporkan ke aparat keamanan,” pintanya.

“Segala hal yang mengandung kekerasan sesungguhnya bertentangan dengan ajaran Islam bahkan bertentangan dengan ajaran apapun di dunia ini. Untuk itu, mari kita pelihara kerukunan yang telah tercipta ini secara bersama-sama dengan saling menghormati dan menghargai antar sesama demi menjaga tatanan kehidupan masyarakat yang aman, damai dan harmonis menuju Singkawang Hebat,” ajaknya.

Sesuai dengan tema yang diangkat, maka selain Kepala Kantor Kemenag Kota Singkawang, kegiatan diskusi ini juga menghadirkan beberapa narasumber lainnya yaitu Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie, SE, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ramdan, S.Pd.I, M.Pd dan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Bawaslu) Zulita, SH, MH. Adapun peserta acara diskusi dihadiri oleh seluruh lapisan masyarakat mulai dari para pejabat/pegawai dari berbagai lembaga dan instansi, tokoh-tokoh agama, masyarakat dan tokoh adat, pimpinan dan anggota organisasi masyarakat serta dari unsur pemuda dan pelajar Kota Singkawang.(Jk/skw)

Berita: