SINGKAWANG. Rabu (30/5) Tim Safari Ramadhan 1439 H Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang mengunjungi Masjid Baitul Huda Kelurahan Nyarumkop Kecamatan Singkawang Timur. Rombongan Safari Ramadhan hadir sekitar pukul 17.30 atau beberapa saat sebelum waktu berbuka puasa. Rombongan safari ini berjumlah sekitar 60 orang yaitu Kepala Kantor, Kasi dan Penyelenggara serta pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Kepala KUA, Kepala Madrasah MI, MTs dan MA baik negeri maupun swasta, Pengawas Madrasah serta Penyuluh PNS dan nonPNS Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang.

Kegiatan Safari Ramadhan diawali dengan buka puasa bersama, dilanjutkan sholat Maghrib, Isya, Tarawih dan Witir berjamaah. Bertindak sebagai imam Tarawih dan Witir pada safari kali ini yaitu H. Muhammad Sahid, SAg penyuluh nonPNS Kantor Kemenag Kota Singkawang. Kegiatan Safari Ramadhan semakin semarak dengan turut dihadiri oleh Kapolsek Singkawang Timur beserta jajarannya untuk bersama-sama berbuka puasa dan mengikuti kegiatan safari Ramadhan di Masjid Baitul Huda Nyarumkop.

Usai sholat acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kepala Kantor Kemenag Kota Singkawang, Drs. H. Nahruji, M.Si. Dalam sambutannya Nahruji menyampaikan bahwa kegiatan safari ini dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan dan meningkatkan ukhuwah dan silaturahim umat Islam.

Pada kesempatan itu juga tak lupa ia menyampaikan fadhilah bulan Ramadhan dengan keutamaan yang ada didalamnya. Ia mengungkapkan bahwa biasanya apabila telah melewati setengah dari bulan Ramadhan, maka konsentrasi kita sering terpecah dan sudah memikirkan lebaran. Untuk itu ia mengajak para jamaah untuk tetap menjaga semangat dan bersungguh-sungguh dalam menjalani ibadah sehingga dapat mencapai garis finis yaitu derajat taqwa yang telah dijanjikan oleh Allah. “Mari tetap kita jaga semangat beribadah sehingga Ramadhan tahun ini betul-batul kita lalui dengan maksimal. Hal ini karena kita tidak pernah tahu dan tidak ada jaminan bahwa kita akan bertemu lagi dengan Ramadhan yang akan datang.” tuturnya

Rangkaian acara diakhiri dengan penyampaian tausiah oleh H. Muhammad Sahid, SAg yang merupakan salah satu penyuluh nonPNS Kantor Kemenag Kota Singkawang.(Jk/skw)

Berita: