Sintang,  Dengan lahirnya Perka BKN Nomor 07 Tahun 2017 tentang Tata cara pelantikan dan pengambilan sumpah / janji jabatan administrator, jabatan pengawas, jabatan fungsional dan jabatan pimpinan tinggi, maka setiap peralihan jabatan baik struktura/ eselon dan jabatan fungsional harus dilaksanakan pelantikan.

Berpedoman pada PMA Nomor 34 Tahun 2016 tentang Organisasi dan tata kerja Kantor Urusan Agama Kecamatan dan KMA Nomor 208 tahun 2017 tentang Pedoman penyesuaian/ inpasing, uji kompetensi dan penetapan kebutuhan jabatan fungsional penghulu, pagi ini selasa (28/08/2018) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang lantik 8 penghulu di lingkungan Kemenag Kabupaten Sintang

Setelah melalui proses yang panjang mulai dari rekruitmen, diklat dan pengusulan calon penghulu dari Kepala KUA se-Kabupaten Sintang sebanyak 8 orang dilantik oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sintang, H. Anuar Akhmad, S. Ag  di AULA Kemenag Kab. Sintang, Hadir dalam acara pelantikan tersebut Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, seluruh Kepala Seksi, Penyelenggara, Kepala Madrasah, Pemgawas serta ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang.

Adapun penghulu yang dilantik yaitu Mursi, S. Ag sebagai penghulu Muda KUA Kecamatan Sepauk, Jemari, S. HI  sebagai penghulu Muda Kecamatan Ketungau Hulu, Sait, S. Pd. I  sebagai penghulu muda KUA Kecamatan Ketungau Hilir, Nijo, S. Ag sebagai penghulu muda KUA Kecamatan Kelam Permai  , Istiwansyah, S. Ag  sebagai penghulu pertama KUA Kecamatan Serawai, Muhamad Manshuri, S. Ag sebagai penghulu muda KUA Kecamatan Kayan Hulu dan Imaduddin, S. HI  sebagai penghulu muda KUA Kecamatan Kayan Hilir, Yuyu Wahyudin, S. Pd. I sebagai pengulu Pertama KUA Kecamatan Ketungau Tengah,

Masing-masing calon penghulu dilantik didampingi oleh isteri disaksikan seluruh pejabat di lingkungan Kemenag Kabupaten Sintang dan juga undangan.

Setelah acara pelantikan ini dilanjutkan dengan sambutan yang  oleh Kepala Kantor, dalam sambutannya beliau menyampaikan  penghulu adalah sebagai ujung tombak keberhasilan organisasi Kankemenag yang salah satunya membidangi persoalan-persoalan nikah, talak, dan rujuk. Karena itu tugas yang diamanahkan harus dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku dan penuh dengan tanggung jawab.

Dan lagi menurutnya perlu pengimplementasian lima nilai budaya kerja Kemenag, bekerja dengan integritas, profesional, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan sebagaimana harapan Menag RI H.Lukman Hakim Shaifuddin dan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat.

Dirinya mengingatkan, agar mereka mampu meningkatkan kinerja yang bersih dan melayani, ikhlas, disiplin dan sesuai dalam koridor regulasi dan hukum yang berlaku. Dalam artian tidak melakukan KKN dan pungutan liar (pungli).

Anuar menegaskan hal tersebut merupakan komitmen para aparatur sipil negara (ASN) Kemenag termasuk di lingkungan Kemenag Kabupaten Sintang.“Jangan memungut biaya nikah diluar ketentuan”, harapnya.

“Dengan dilantiknya penghulu ini merupakan awal pengembangan karier bagi Kepala KUA dalam jabatan penghulu dengan ketiada keterbatasan dalam peningkatan pangkat dan golongan”, ujar Anuar Akhmad dalam sambutannya.

Sembari mengucapkan selamat. Anuar Akhmad juga berpesan agar pelayanan di KUA terus meningkat sehingga keberadaannya sangat dirasakan oleh masyarakat. (Akil, Sintang)

Berita: