Jum'at, 18 Agustus 2017, sebanyak 240 siswa MTsN Nanga Pinoh dengan menggunakan kaos olah raga bersama segenap dewan guru melaksanakan senam bersama. Tidak seperti Jum'at  sebelumnya kali ini bertema merah putih.

Setelah pelaksanaan senam bersama dilanjutkan dengan kegiatan perlombaan yang dibimbing oleh masing - masing guru koordinator. Diawali dengan lomba lari karung yang dibimbing Sugiharto, S.Pd.Jas. Suasana hiruk pikuk para penonton menyaksikan perlombaan yang dilaksanakan hanya di saat 17 an ini.

Selanjutnya lomba lari kelereng yang dibimbing oleh Kabib Mustapa, S.Pd yang diikuti oleh peserta putra putri.Sementara para siswa dilapangan mengadakan lomba, di aula tampak kesibukan lain yaitu persiapan lomba pidato yang dibimbing oleh Misnawati, S.Pd, Ujang Tarmana, S.Pd dan Maisarah, S.Pd.I.

Lomba pidato tak kalah menyedot banyak perhatian dari para siswa yang didukung oleh para suporter dari masing - masing kelas yang tampil. Kemampuan para orator dari masing - masing kelas sangat membanggakan, sebab mereka cukup menguasai podium. 

Mental yang baik dan tidak mengalami demam panggung yang berlebihan, meski para peserta ditonton oleh rekan - rekan mereka. Kepercayaan diri para siswa kerap diasah oleh para guru dengan kerap tampil di dalam kelas, maupun even - even lomba yang kerap dilakukan di tingkat internal MTsN Nanga Pinoh, maupun ke sekolah lain.

Semua kegiatan lomba dilakukan secara maraton. Mengingat hari Jum'at waktunya singkat. Namun hal tersebut tidak mengurangi semarak lomba. Kembali ke lapangan, setelah selesai pelaksanaan lomba lari kelereng, dilanjutkan dengan lomba gerak jalan yang di bimbing oleh Sulistyowati, S.Pd.

Para peserta menunjukkan keunikan dari kelasnya masing - masing. Menggunakan kostum yang berbeda dan tampil dengan sebaik - baiknya. Ada yang menggunakan seragam pramuka, seragam merah, dan lain  lain. Namun satu hal yang sama yaitu di dahi mereka melingkar bando merah putih, mencirikan patriotisme. Disisi lain disudut halaman terdapat sekelompok siswa yang bernyanyi karaoke lagu - lagu perjuangan menyemangati para peserta.

Suasana meriah mencerminkan kebahagiaan mensyukuri nikmat kemerdekaan. Lomba dilanjutkan keesokan harinya dengan penilaian kebersihan kelas dan lomba bagi peserta yang belum mendapatkan giliran pada hari Jum'at.

Pada lomba penilaian kebersihan kelas dilaksanakan tim  yang dipimpin  langsung oleh Kepala Madrasah dengan anggota Oktavianti Zuhanissa dan Ujang Tarmana, S.Pd. Pada penilaian kelas dititik beratkan pada kebersihan, kerapian dan kaidah kelas. Meliputi kelengkapan struktur kelas dan perangkat lainnya.

Hari menjelang siang, dan semua kegiatan telah dilaksanaka. Pengumuman para pemenang dan penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada hari Senin pada saat upacara bendera. Terima kasih atas partisipasi seluruh warga MTsN Nanga Pinoh. Semoga persatuan dan kesatuan  sebagai keluarga besar MTsN Nanga Pinoh tetap terjalin dan terus bersinergi. Merdeka !!! (Okta)