Sambas- Gema Madrasah IV 2017 yang digelar di MTs Negeri Semparuk resmi dibuka. Acara tersebut berlangsung mulai tanggal 12 – 14 Oktober 2017 di komplek MTS N Semapruk. 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Madrasah ( KKM ) MTs se-Kabuapten Sambas yang terdiri dari 2 KKM, yaitu KKM MTs Negeri Pemangkat yang membawahi 5 madrasah diketuai oleh Drs. Suhaimi.

KKM MTs Negeri Semparuk yang membawahi 22 Madrasah yang diketuai oleh Iskandar, S.Pd.I melaksanakan agenda rutin tahunan, yaitu “GEMA MADRASAH TSANAWIYAH KE-IV SE-KABUPATEN SAMBAS TAHUN 2017”.

Adapun seluruh kontingen yang ikut serta sebanyak 26 Madrasah Tsanawiyah se- Kabupaten Sambas dengan jumlah peserta beserta seluruh Kamad MTs dan official 1.767 orang.

Kegiatan GEMA MADRASAH TSANAWIYAH merupakan ajang kompetisi antar siswa/siswi MTs se-Kabupaten Sambas. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sambas yaitu H. Sipni, S.Pd.I, M.Pd.

Dalam sambutannya beliau mengatakan, bahwa dalam ajang Gema Madrasah ke IV Tahun 2017 ini, para peserta diminta untuk mengedepankan integritas dan sportifitas. "Tentu harus dengan integritas, sportifitas. Diharapkan ajang ini juga dapat meningkatkan pendidikan karakter," katanya. Mereka / para peserta tak lain adalah para juara di masing-masing madrasah.

Kepala MTS N Semparuk, Iskandar, S.Pd.I selaku ketua Panitia ,mengatakan dalam kegiatan ini diharapkan diperoleh bibit unggul dalam hal olahraga, science, kreasi seni, karya ilmiah dari peserta didik di lingkungan madrasah. Peserta yang dikirim tidak hanya berprestasi dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki karakter yang layak dikirim sebagai duta madrasah, katanya.

Adapun cabang-cabang yang diperlombakan sebanyak 12 cabang yang terdiri dari : 1. MTQ putra/i; 2. Hifzil Qur’an Juz 30 putra/putri; 3. Khatil Qur’an putra/purtri; 4. Syarhil Qur’an; 5. Pidato Bahasa Arab putra/putri; 6. Bola Volly putra/putri; 7. Tenis meja putra/putri; 8. Bulu tangkis tunggal putra/putri; 9. Atletik (lari 100 m) putra/putri; 10. Atletik (lari 400 m) putra/putri 11. Catur putra/putri; 12. Pramuka (Halang Rintang/HR dan P3K) beregu putra/putri; serta dimeriahkan dengan acara Pentas Seni ( PENSI ) dari setiap madrasah.

Tujuan utama pelaksanaan kegiatan GEMA MADRASAH TSANAWIYAH adalah SILATURAHIM sekaligus untuk menyiapkan dan menjaring siswa/i MTs se-Kabupaten Sambas yang punya potensi untuk diikutsertakan dalam ajang yang dilombakan pada kegiatan AKSIOMA maupun ajang MTQ dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, maupun nasional.

Dari semua lomba yang dipertandingkan berjalan sangat kompetitif dari awal kegiatan sampai akhir. Setiap peserta yang menjadi pemenang di setiap cabang yang dipertandingkan diberikan sertifikat/piagam dan tropi. Dalam kegiatan tersebut juga memperebutkan 2 PIALA BERGILIR, yaitu Piala dari KKM MTs se-Kabupaten Sambas dan PIALA BERGILIR Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sambas.

Pada kegiatan “GEMA MADRASAH TSANAWIYAH KE-IV SE-KABUPATEN SAMBAS TAHUN 2017” kedua Piala Bergilir berhasil diboyong Ponpes Muhammad Basuni Imran Sambas. Untuk acara “GEMA MADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN SAMBAS KE-V TAHUN 2018” Insya Allah akan dilaksanakan di salah satu MTs yaitu MTs Negeri Pemangkat atau MTs Negeri Jawai. “LEBIH BAIK MADRASAH….MADRASAH LEBIH BAIK” (Dedi_MAN IC)