SINGKAWANG. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang Drs. H. Nahruji, M.Si membuka secara resmi kegiatan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) tingkat Kota Singkawang Tahun 2018 di Gedung Arafah Komplek Masjid Agung Singkawang pada Senin (17/9).

Dalam sambutannya, Nahruji menyampaikan bahwa Pentas PAI yang diselenggarakan ini merupakan wahana untuk menggali potensi dan minat generasi muda dibidang pendidikan agama Islam. “Dengan dikemas dalam bentuk kompetisi, Pentas PAI dapat memberikan motivasi kepada peserta didik agar lebih bergairah mempelajari  dan mencintai pelajaran PAI. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai sarana mempererat ukhuwah islamiyah, membina persaudaraan dan kesatuan antar sesama siswa,” ujarnya.

Nahruji juga mengungkapkan bahwa Pentas PAI juga mampu membentuk karakter anak bangsa karena tujuan dari pendidikan agama itu sendiri yaitu menempa jiwa agar memahami agama dan saling menghargai sesama manusia. “Pendidikan Agama Islam itu sangat fundamental untuk membentuk karakter bangsa. Oleh karena itu, dalam rangka mendorong pembentukan karakter ini maka dibuat sebuah gebrakan dengan Pentas PAI ini,” tutur Nahruji menambahkan. Untuk itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Singkawang ini berharap kegiatan Pentas PAI dapat menumbuhkan minat, bakat dan kreativitas siswa dibidang keterampilan dan seni serta mampu menanamkan sikap keberanian, kemandirian dan sportifitas antar sesama peserta lomba.

Kegiatan Pentas PAI Kota Singkawang Tahun 2018 ini mengangkat tema “Membangun karakter peserta didik yang beriman, kreatif dan inovatif dalam rangka pencapaian tujuan Pendidikan Nasional". Pentas PAI dijadwalkan akan berlangsung selama 2 (dua) hari yaitu tanggal 17 s/d 18 September 2018 yang diikuti oleh utusan masing-masing kecamatan se Kota Singkawang. Adapun dalam Pentas PAI tersebut dipertandingkan berbagai macam perlombaan yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Lomba Pidato PAI, Hafalan ayat suci Al Qur’an, Lomba Cerdas Cermat (LCC), Kaligrafi Islam, Nasyid, Debat PAI dan lomba Busana Muslim.(Jk/skw)

Berita: