Desa Labai Mandiri  adalah sebuah desa yang berada di tepi Sungai Pinoh Kecamatan Nanga Ponoh Kabupaten Melawi. Meski desa ini masih berada di Kecamatan Nanga Pinoh tetapi akses jalan ke sana masih terhitung sulit karena melewati beberapa bukit. Turun naik bukit adalah suatu seni perjalanan yang menyenangkan tetapi tentu saja  menjadi sulit kalau melakukan perjalanan pada musim hujan. Pada hari Kamis, 30 Agustus 2018 Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi atas undangan Bupati Melawi mengikuti kegiatan Pencananagan Desa Labai Mandiri jadi Kampung Keluarga Berencana (KB).

Hadir dalam acara itu adalah Bupati Melawi, Ketua Team Penggerak PKK, Ketua DPRD Melawi, pejabat BKKBN Provinsi Kalbar, para Kepala Dinas terkait, Pihak Kepolisian, TNI tokoh masyarakat dan masyarakat Labai Mandiri dan sekitarnya. Kepala Kantor Kementerian Agama diundang oleh Bupati Melawi karena Desa Labai Mandiri sebagian besar penduduknya beragama Islam.  Kepada Kepala Desa Labai Mandiri, Pak Kepala sempat menanyakan bagai mana mengurus pernikahan, mengingat kampung ini jauh dengan Kota Nanga Pinoh. Kepala Desa menjelaskan bahwa urusan pernikahan tetap dilakukan di KUA Nanga Pinoh. Meski Jauh masyarakat  tidak pernah mengeluh tentang masalah ini, apalagi pelayanan dari pihak KUA Nanga Pinoh selalu cepat dan lancar.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Melawi Panji, S.Sos mengatakan bahwa Kampung KB merupakan salah satu upaya penguatan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), serta menjadi salah satu inovasi strategis untuk mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas Programa KKBPK secara utuh di lini lapangan yang dikelola dan diselenggarakan  dari, oleh  dan untuk masyarakat serta bersinergi dengan instansi terkait sesuai kebutuhan dan kondisi wilayah untuk mengentaskan kemiskinan dan menekan laju pertumbuhan penduduk di Indonesia. (geby melawi)

Berita: