SINGKAWANG. Senin (2/4) Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Drs. H. Nahruji, M.Si memonitoring penyelenggaraan kegiatan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Madrasah Tsanawiyah (MTs) tahun pelajaran 2017/2018 di MTs Ushuluddin Singkawang. Pada kesempatan yang sama, hadir rombongan wakil walikota Singkawang Drs. H. Irwan, M.Si dengan didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang beserta jajarannya yang juga ikut melakukan monitoring pelaksanaan UAMBN MTs di Kota Singkawang.

Pelaksanaan ujian di MTs Ushuluddin dilaksanakan dengan sistem komputerisasi yaitu UAMBN BK (Berbasis Komputer) dengan jumlah 2 ruang ujian dan dilaksanakan dengan 3 sesi ujian. Adapun peserta ujian MTs Ushuluddin sebanyak 158 siswa. Saat meninjau pelaksanaan ujian, Nahruji mengatakan bahwa kegiatan monitoring ini untuk memastikan proses pelaksanaan UAMBN MTs dilaksanakan sesuai dengan regulasi yang berlaku serta meninjau bagaimana kesiapan panitia sehingga ujian dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala yang mengganggu kegiatan dan konsentrasi siswa peserta ujian.

“Kita ingin melihat bagaimana kesiapan panitia ujian. Apalagi di MTs Ushuluddin ini dilaksanakan UAMBN-BK yang dilaksanakan menggunakan komputer. Sehingga aliran listrik menjadi sangat penting. Alhamdulillah panitia sudah mengantisipasi apabila terjadi pemadaman listrik dengan menyiapkan genset,” ujarnya.

Ia berharap semua siswa MTs yang sedang mengikuti UAMBN diberikan kesehatan agar dapat mengikuti ujian dengan baik hingga hari terakhir dan mendapatkan nilai yang memuaskan serta mampu bersaing dengan sekolah-sekolah umum lainnya.

Ditempat terpisah, Kasi Pendis Kemenag Kota Singkawang, Musmuthalib, S.HI menyampaikan bahwa penyelenggaraan UAMBN MTs di Kota Singkawang dilaksanakan selama 5 (lima) hari yaitu Senin s/d Jum’at (2 s/d 6 April 2018) yang dilaksanakan dalam 2 jenis ujian yaitu UAMBN BK (Berbasis Komputer) dan UAMBN KP (Kertas Pensil). Sedangkan secara keseluruhan jumlah peserta UAMBN MTs se-Kota Singkawang tahun 2017/2018 berjumlah 326 siswa dari 11 Madrasah yaitu MTsN Singkawang, MTs Ushuluddin, MTs Ibnu Taimiyah Sedau, MTs YASTI Shalahuddin, MTs Makarim El Akhlak, MTs Al Fatah, MTs Muhammadiyah 2 Singkawang, MTs Asy Syafi’iyyah, MTs Ash Shomadiyah, MTs Nurusshibyan dan MTs Al Hidayah.(Jk/hms)