Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kayong Utara, H. Ruslan didampingi oleh Kasi Bimas Islam H. Safar , Penyelenggara Syari'ah dan Penyuluh Agama Islam melakukan pembinaan kepada BAZNAS Kab. Kayong Utara di Kantor BAZNAS pada hari Rabu tanggal 08 Agustus 2018.

H. Safar mengatakan bahwa pembinaan kepada Baznas ini terkait akan diadakannya audit syari'ah yang akan dilakukan oleh Kantor Wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

Lebih lanjut H. Ruslan berharap agar Baznas menyiapkan item-item yang akan di audit, mulai dari SK-SK, struktur organisiasi, pelaporan keuangan berupa penerimaan dan pengeluaran, serta harus adanya data muzzaki dan mustahik yang valid sehingga diharapkan dalam audit nanti BAZNAS Kayong Utara mendapatkan akreditasi A.

Penyuluh Agama Islam Kankemenag KKU, Sudirmansyah, yang sebelumnya merupakan Sekretaris BAZNAS Kayong Utara periode 2012-2016, menambahkan bahwa hal yang terpenting dalam audit ini adalah adanya transparansi dalam pelaporan keuangan oleh karenanya penting bagi BAZNAS untuk membuat laporan keuangan yang dibuat dalam bentuk baleho yang ditampilkan kepada masyarakat sehingga membuat publik semakin percaya kepada BAZNAS.

Kedua Baznas harus mengupayakan setiap Muzzaki harus mempunyai NPWZ, sehingga mudah dalam pelaporan dan pendataannya, terakhir aplikasi SIMBA harus dimaksimalkan dalam penggunaannya yang akan membantu sekali dalam operasional BAZNAS Kab. Kayong Utara. ( Sudirmansyah )

Berita: