Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sekadau H. Darohman, S. Ag. M. SI mengunjungi Raudatul Athfal (RA) Al Iqdam desa Merapi Kecamatan Sekadau Hilir, selasa(12/9/2017). RA merupakan jenjang pendidikan anak usia dini (yakni usia 6 tahun atau di bawahnya) dalam bentuk pendidikan formal, di bawah pengelolaan Kementerian Agama.

RA Al Iqdam merapi setara dengan taman kanak-kanak (TK) memiliki 30 murid dan ada 3 guru. Kasi Pendidikan Agama Islam Drs. Sunari turut mendampingi kunjungan Kepala Kantor hari itu. Saat tiba di RA rombongan di sambut anak-anak dan para guru.

RA  berada satu komplek dengan MTs Al Iqdham merapi. Kepala MTs Al Iqdham Saleh menjelaskan umur di bawah 4 tahun anak-anak masuk PAUD, sedangkan umur di atasnya masuk RA.  Ini merupakan RA/TK, para siswa terangnya antusias sehingga ke depan perlu penambahan ruang. 

Untuk PAUD desa merapi memilikinya, bahkan beberapa tahun lalu ada kerjasama dengan pemerintah daerah,  jika tidak masuk PAUD harus selesai kemudian RA baru boleh masuk MI. Guru-guru MTs Al Iqdham merapi juga turut membantu anak-anak di RA, terang Saleh. 

Kunjungan Kepala Kantor hari itu  sebagai sebagai bentuk monitoring, Usai meninjau RA Al Iqdham merapi selanjutnya rombongan menuju Pontren Al Rahmah yang berada di jalan merdeka timur km. 7 Sekadau Hilir. Disini Kepala Kantor melihat bangunan mess penginapan putra yang berasal dari bantuan Kementerian Agama. Sembari berkeliling Kepala Kantor juga melihat kehidupan santri yang berada di pontren tersebut. 

Beberapa bangunan memang masih membutuhkan bantuan seperti masjid untuk putri yang masih dalam tahap pemasangan kaca. Berikutnya kepala kantor menyoroti sanitasi udara dan pencahayaan hingga tempat tidur yang masih membutuhkan bantuan dari semua pihak. (Andre)

Berita: