PUTUSSIBAU-KAPUAS HULU – “Kepala KUA adalah bagian terdepan dari Kementerian Agama dalam rangka memberikan pelayanan dan pembinaan kepada masyarakat, yang harus berlaku arif dan bijak didalam menyikapi berbagai masalah umat,” ucap Kepala KUA Kecamatan Sebruang disaat menghadiri acara tasyakuran  Ibu Hajah Nurbaiti, S.Ag istri dari Kepala KUA Kecamatan Putussibau Utara di Kediaman H.Mohammad Yusuf,S.Ag Jalan Banin Gang Cenana Kecamatan Putussibau Selatan Rabu (12/09/2018).

Lebih lanjut Sopia,S.Ag mengatakan, bahwa permasalahan yang biasa terjadi di masyarakat itu beragam, bukan hanya masalah perkawinan saja tapi ada banyak masalah lainya dimana sebagai Kepala KUA kita dituntut untuk arif dan bijak menghadapinya.  Kita juga harus memamahi bahwa tingkat pendidikan masyarakat sangat beragam, oleh karena itu dibutuhkan pengertian yang besar bagi seorang KUA. “Terlebih bagi kami yang bertugas didaerah pelosok, harus pintar memahami kondisi sehingga peran dan fungsi kita sebagai KUA dapat maksimal”, jelas Sopia, S.Ag yang akrab disapa Uju Pia.

Beliau berharap agar grup media sosial yang difasilitas oleh teman-teman dikabupaten menjadi media komunkasi utama bagi para Kepala KUA di seluruh  Kecamatan dalam rangka untuk berdiskusi guna mencari dan berbagi solusi untuk masalah-masalah yang dihadapi. Serta berharap agar agenda pembinaan yang dilakukan oleh Kemenag Kabupaten bagi para KUA senantiasa digalakan karena itu sagat memberikan manfaat ilmu dan pengalaman.

“Minimal dengan bertemunya kami dengan pejabat kabupaten akan memacu semangat dan gairah kami jauh yang dari kota”, pungkas Sopia.(Ms/Kh).