Supervisi Akademik (SUPAK) sudah merupakan tugas Kepala Sekolah/Madrasah di satuan pendidikan masing-masing. Sesuai dengan namanya, maka supervisi (pengawasan) dilakukan untuk meningkatkan kinerja, tampilan dan perbaikan ke depan.

MTs ASWAJA sebagai salah satu lembaga pendidikan, oleh Kepala MTs ASWAJA melakukan SUPAK kepada beberapa orang guru. Diinformasikan guru-guru dimaksud adalah guru yang terhitung tahun pelajaran 2018/2019 bertugas sebagai guru di MTs ASWAJA.

Guru yang dimaksud adalah M. Sabirin, S. Pd (IPS), Suci Pratiwi (B. Indonesia), Pratiwi Kusuma Wardani, S. Pd. (B. Inggris) dan Nurjannah, S. Kom. I (Akidah Akhlak). Menurut Kepala MTs ASWAJA, Sholihin H. Z., M. Pd. I "Kepada masing-masing .guru sudah diinformasikan jadwal SUPAKnya hanya kalau ada pergeseran jadwal semata karena ada dinas luar (DL) Kepala MTs yang tidak bisa diwakilkan, tetapi tetap akan dilaksanakan," demikian informasi Kepala MTs yang pernah dua kali meraih juara I untuk Kategori Kepala MTs Berprestasi.

Materi SUPAK selain kelengkapan perencanaan juga saat pelaksanaan pembelajaran di kelas diantaranya meliputi set induction (pendahuluan), proses pembejaran inti dan penutup.

Supervisi memang menjadi bagian penting untuk tetap menjaga dan meningkatkan kompetensi tenaga pendidik di sebuah lembaga pendidikan* (S-Hz)