Forum Indonesia Menulis (FIM) bekerjasama dengan SMPN 3 Pontianak mengadakan Pelatihan Menulis untuk guru dan siswanya. Kegiatan yang berlangsung dua hari ini yakni tanggal 8 - 9 September 2018 berlangsung di SMPN 3 Pontianak diikuti sebanyak 20 guru dan 35 siswa. Selain Direktur FIM, materi yang diberikan juga seputar pengalaman mengikuti FIM, motivasi menulis dan berbagi pengetahuan disampaikan oleh alumni FIM Angkatan IX, Sholihin H. Z., M. Pd. I. Yang sehari-harinya bertugas sebagai ASN di Kementerian Agama Kota Pontianak yang diperbantukan di MTs ASWAJA Pontianak.

Pada hari kedua, Sholihin H.Z. yang pada FIM Angkatan IX yang lalu ditetapkan sebagai peserta terbaik berbagi pengalaman dan mengapa tertarik menjadi penulis. Dalam pemaparannya, beliau mengawali materinya dengan satu ungkapan yang disampaikan oleh Pakar Pendidikan Kalimantan Barat, Alm. Prof. H. Hadari Nawawi, yang menyebutkan bahwa tulisan yang pernah kita buat menunjukkan bahwa kita pernah hadir di muka bumi. "Coba kita lihat orang-orang yang rajin menulis yang kemudian menjadi sebuah buku, badannya boleh berkalang tanah, jasadnya boleh hancur tapi namanya tetap abadi, Bung Karno dengan bukunya Indonesia menggugat, Buya HAMKA dengan  bukunya Tafsir al-Azhar atau Robohnya Surau Kami. Umumnya orang-orang intelek masa lalu tidak jauh dari gemar menulis dan buktinya ia tetap "hadir" disekitar kita", demikian di antara motivasi yang disampaikan pemateri di hari kedua ini.

Selanjutnya di akhir acara, diserahkan buku Be A Smart Person yang merupakan karya pemateri kepada Kepala SMPN 3 Pontianak. "Semoga menginspirasi guru dan siswa SMPN 3", demikian Sholihin H.Z. mengakhiri pembicaraanya. (S_Hz)