Pada hari Selasa (6/6) bertempat di ruang tengah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kubu Raya dilaksanakan sholat zuhur berjamaah dengan muadzzin Staff Seksi Bimas Islam Prayogi yang diikuti semua pegawai muslim. Setelah sholat zuhur tampil sebagai penceramah kultum M. Ansharuddin, S.Pd.I dengan tema “Puasa dan Etos Kerja” yang dipandu Kasi Bimas Islam Drs. H. Fauzi.

Pertama-tama beliau menjelaskan arti kata etos dan kerja yang bersalah dari bahasa yunani dan pandangan islam tentang arti etos. Kalau kita berpegangan pada Al-Quran dan Hadits dalam melaksanakan tugas kita sehari-hari maka aturan yang dibuat oleh pemerintah akan kita taati. Karena semua itu untuk kebaikan dan kesejahteraan hidup, ungkapnya.

Ansharuddin kemudian mengajak hadirin yang hadir agar selalu mengabdikan diri kepada Allah dan sebagai abdi negara harus mempunyai etos kerja penuh semangat optimal yang mengharapkan ridha Allah SWT selama bulan puasa ini, bulan yang penuh berkah.

"Bekerja keras adalah kewajiban yang harus dilaksanakan yang dibuktikan dengan banyaknya perintah Allah dalam Al-Quran salah satunya QSAl Qashas :77 dan hadits HR. Ibnu Asakir. Bekerja produktif adalah ciri muslim yang terbaik sesuai dengan hadits Nabi, tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah dimana disamakan dengan Jihad Fi Sabilillah," katanya memotivasi.

Etos kerja memberikan pengaruh positif kepada lingkungannya. Keberadaan dirinya diukur sejauh mana memberikan makna dan pengaruh yang mendalam pada orang lain. Aku ada karena memberikan makna bagi kehidupan. Sikap positif akan membentuk karakter positif yang akan mengantarkan sebagai pemenag, tambahnya menutup.    

Tambahan dari Kepala Kantor  Drs. H. Ja’far A menyatakan perlu goal atau sasaran dalam mencapai tujuan mendekati kesempurnaan ramadhan ini. Buatlah manfaat dimana pun kita berada. Bekerja dengan profesional karena kita sudah menginfaqkan diri kita untuk negara ini, ajaknya menutup pertemuan.

(Bond/KKR)

Berita: