SINGKAWANG. Pimpinan Pondok Pesantren Ushuluddin Kota Singkawang KH Bujang Rasnie memberikan nasehat kepada santri-santriwati dalam sambutan pada Milad yang ke 44 sekaligus pelepasan santri-santriwati kelas VI Madrasah Ibtidaiyah, IX Madrasah Tsanawiyah dan kelas XII Madrasah Aliyah pada Sabtu (12/5) di Pontren Ushuluddin Singkawang. Dalam nasehatnya KH Bujang Rasnie meminta kepada santri-santriwati untuk menghargai dirinya sendiri dengan keutamaan akhlak.

“Hargailah dirimu. Menghargai diri berarti mampu meletakkan dirimu di tempat terhormat. Tidak mengotori dirimu dengan sesuatu yang rendah dan tidak berguna.  Ingat anak-anakku ! Nilai ijazah yang hakiki adalah penghargaan masyarakat terhadap jasamu.  Adapun ijazah yang berupa kertas tidak akan ada artinya sama sekali kalau kamu tidak bisa berjasa di masyarakat. Bahkan dengan sikapmu yang sombong, akhlakmu yang jatuh, ijazah yang diberikan tidak bermanfaat, tetapi bahkan ternoda oleh kelakuanmu dan kepribadianmu. Oleh sebab itu, pandai-pandailah anakku menjaga diri di masyarakat”, ucapnya.

Kemudian KH Bujang Rasnie juga mengingkatkan kepada santri-santriwati untuk tidak melupakan kedua orangtua, dan untuk selalu berlaku baik kepada kedua orang tua. “ Di tengah-tengah kesuksesan yang kamu raih, ingat bahwa faktor pendukung yang utama adalah keberadaan orang tuamu.  Merekalah yang sangat memberikan dukungan moril, materil kepadamu, sehingga kamu berhasil. Semua adalah jerih payah kedua orang tuamu”, ucapnya.

Selanjutnya KH Bujang Rasnie menegaskan kepada santri-santriwati jangan sampai mentang-mentang sudah pandai lalu meremehkan kedua orangtua. “Jangan mentang-mentang kalian sudah pandai, kalian remehkan mereka.  Ingat ! Pakaian yang kamu pakai, daster yang kamu kenakan, kerudung indah yang kamu pakai semua itu adalah pemberian bapak dan ibumu”, tegasnya.

Santri-santriwati yang diwisuda pada tahun ini secara keseluruhan berjumlah   276 orang, terdiri dari santri kelas VI Ibtidaiyah sebanya 32 orang,  santri kelas IX MTs  sebanya 157 orang, santri kelas XII Madrasah Aliyah, sebanyak 87 orang. Hadir dalam kegiatan ini,  Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang Nahruji, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Mahfudz Sidiq, para orangtua wali santri dan tamu undangan lainnya.  (miftah)

Berita: