Kelompok Terbang (Kloter) 16 Jamaah Haji Kalbar yang merupakan Jamaah terkhir Kalimantan Barat asal Kota Pontianak tiba Di Asrama Haji Batam pada hari Jum’at malam, 14 September 2018 pada pukul 23.15 Wib. Kloter 16 juga disebut sebagai Kloter Nusantara karena jamaahnya bergabung dengan Provinsi Kepeulauan Riau.

Kedatangan Jamaah Haji Kloter 16 di sambut oleh Ketua PPIHD Kalimantan Barat Drs. Mujiono yang menjabat juga sebagai Kepala Bagian Agama Gubernur Kalimantan Barat. Selain itu, Hadir pula dalam acara penyambutan tersebut Plt. Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Kalbar H. Wildan, Kasi Haji Kota Pontianak dan Pejabat di lingkungan Kepulauan Riau.

Acara penyambutan kedatangan Jamaah Haji Kloter 16 diawali dengan pembacaan do’a oleh Petugas Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) H. Kariman Ibrahinm. Sedangkan laporan Ketua Kloter 16 disampaikan oleh H. Munadi Najih, S.HI dari Kayong Utara, Kalbar

Dalam sambutannya H. Munadi menjelaskan bahwa Jumlah Jamaah Calon Haji yang diberangkatkan dari Embarkasi Batam sebanyak 443 orang beserta para petugas Kloter, selanjutnya tanazul masuk sebanyak 3 orang sehingga jumlah seluruhnya sebanyak 446 orang.

Munadi juga menuturkan bahwa dalam perjalanan pelaksanaan Haji, ada 3 orang yang wafat dimekkah pertama atas nama Utin Rinarti Idris, kedua H. Muhammad Datar Abdul Hamid dan ketiga H Rafijan. Seluruh Jamaah yang wafat tersebut berasal dari Kota Pontianak sehingga Jamaah yang kembali ketanah air kembali berjumlah 443 orang.

“Alhamdulillah Jamaah yang wafat di Mekkah dapat disaksikan oleh Ahli Warisnya, bahkan mereka bisa menyaksikan saat dimandikan, dikafankan dan saat disolatkan. Bahkan Ahli Waris dapat berziarah ke makam bersama petugas Kloter di Pemakaman Seraid Makkah,” jelas Munadi

Ungkapan terima kasih juga disampaikan oleh Munadi kepada seluruh petugas Kesehatan dan Tim Pembimbing Ibadah Haji, Kepala Regu,Ketua Rombongan, yang telah bekerja sama dalam melaksanakan tugas selama pelaksanaan Ibadah Haji di Mekkah Maupun di Madinah.

Usai menyampaikan sambutannya Munadi selaku Ketua Kloter di minta untuk maju ke depan podium untuk menyerahkan kembali Jamaah Haji kepada PPH Debarkasi Batam yang ditandai dengan penyerahan bendera merah putih dan diterima oleh Dr. H. Erizal, MH yang saat ini menjabat sebagai Kepala Kementerian Agama Kota Batam.

Disaat yang sama Ketua PPIHD Kalimantan Barat Drs. Mujiono yang menjabat juga sebagai Kepala Bagian Agama Gubernur Kaliantan Barat menyampaikan sambutan atas kedatangan Jamaah Haji Kloter 16 di Debarkasi Batam.

Dalam sambutannya Mujiono berharap kepada Jamaah yang baru tiba agar dapat menjadi tauladan bagi masyarakat disekitarnya saat berada di tanah air serta memberikan motivasi bagi masyarakat lain untuk dapat menyusul saudara yang menunaikan ibadah haji. Hal ini mengingat Ibadah haji merupakan rukun islam yang kelima dan kita sudah diberikan keluasan Rizki dan kesmpatan untukmelaksanakan Ibadah tersebut.

Selain itu ia berpesan kepada jamaah janganlah beranggapan bila Ibadah haji dilaksanakan harta akan habis atau berkurang, karena adanya anggapan tersebut menunjukkan bahwa iman yang ada belumlah kuat dan kita telah mengingkari nikmat yang besar yang diberikan Allah SWT.

“Kita patut bersyukur karena penyelenggaraan Ibadah Haji tahun ini dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar, semua berkat bantuan dari jamaah haji yang telah mau dan sudi mendengarkan arahan dari Ketua rombongan dan mematuhi tata tertib yang telah ditentukan selama melaksanakan Ibadah haji,” jelas Mujiono.

Ungkapan duka cita dan do’a juga di sampaikan oleh perwakilan Gubernur Kalbar ini terhadap Jamaah yang wafat di Kota Mekkah dengan harapan semoga mendapat tempat yang mulia disisi Allah SWT dan tercatat sebagai haji yang Mabrur. “Karena Tidak ada balasan bagi haji yang mabrur kecuali surga,” imbuhnya.

Usai acara penyambutan, seluruh jamaah haji yang sudah menikmati teh hangat dan makan malam dipersilahkan untuk istirahat satu malam di Debarkasi Batam yang selanjutnya akan di pulangkan ke Pontianak melalui 2 penerbangan. (Ir-Inmas).

Berita: