Pada penerbangan kedua, Rabu, (1/8/2018), Jamaah Calon Haji (JCH) yang tergabung pada Kelompok Terbang (Kloter) 14 Provinsi Kalimantan Barat diberangkatkan ke Embarkasi Batam berjumlah 159 orang. JCH tersebut merupakan Jamaah asal Kabupaten Sambas 157 orang ditambah dengan petugas Kloter 2 orang.

Seluruh Jamaah Calon Haji pada penerbangan kedua ini masuk ke Aula Asrama Haji pada pukul 09.00 Wib melalui pintu masuk yang dilengkapi dengan alat x-ray dari Bea Cukai Prov. Kalbar untuk mendeteksi perlengkapan JCH sebelum memasuki Bandara dan Pesawat Sriwijaya Air.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Anwar Ayub menegaskan bahwa seluruh jamaah yang akan diberangkatkan ke Embarkasi Batam wajib mengikuti mekanisme (SOP) Bandara, oleh karena itu proses x-ray yang dilakukan untuk memastikan bahwa JCH yang diberangkatkan sudah mengikuti ketentuan tersebut.

“Standarisasi perhubungan tentu kita patuhi, oleh karena itu proses pemeriksaan yang dilaksanakan di Asrama Haji ini tentu akan memudahkan jamaah dan petugas dalam proses pemberangkatan ke Embarkasi Batam,” jelas Anwar Ayub.

JCH Kloter 14 pada penerbangan kedua di lepas oleh Kepala Biro Kessos Sekretaris Daerha Prov. Kalbar, Dra Mahmudah MM. Dalam sambutannya beliau menghimbau agar jamaah menjaga kesehatan dan selalu berdo’a agar diberi kelancaran dalam menyelenggarakan ibadah haji.

“Ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang membutuhkan kondisi fisik yang prima oleh karena itu dengan kondisi dan cuaca yang cukup panas, maka selama berada di Kota Mekkah dan Madinah jamaah diharapkan menjaga stamina dengan banyak minum air putih/air zam-zam,” ujarnya. (Ir-Inmas)

Berita: