Sesuai dengan terbitnya surat keputusan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalbar Nomor 266 tertanggal 29 Maret 2016 tentang Penetapan Panitia Kompetisi Sains Madrasah, Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Expo Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2016, maka sejak tanggal tersebut panitia di Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Barat bersiap untuk menyongsong event bertaraf nasional di bumi Khatulistiwa ini.

Dalam surat statuter yang ditandatangani langsung oleh Drs.H.Syahrul Yadi,M.Si selaku pimpinan tertinggi di Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Barat itu telah disusun kepanitian yang lengkap dan berdasarkan panduan dari Ditjen Pendis Kementeriang Agama Republik Indonesia. Setidaknya komposisi panitia sebanyak 48 orang yang dilangsung dipimpin oleh Ka.Kanwil yang pernah menjabat sebagai Kepala Kemenag Bengkayang dan Kapuas Hulu ini.

Setelah ditetapkan secara resmi, panitia pun melaksanakan rapat perdana yang digelar di Operation Room Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalbar pada Hari Jum`at Tanggal 1 April 2016. Rapat tersebut langsung dipimpin oleh Ka.Kanwil Kemenag Prov.Kalbar,Drs.H.Syahrul Yadi,M.Si didampingi Kabid Pendidikan Madrasah, Drs.H.Ridwansyah,M.Si selaku Ketua Panitia dan Drs.H.Ramli H.M.Said yang dipercaya menjabat Sekretaris Umum KSM Nasional Tahun 2016 di Kalbar. Berbagai pembahasan awal telah disepakati dalam rapat perdana tersebut, yang nantinya akan di menjadi acuan event tahunan Ditjen Pendis Kemenag RI ini.

Menindak lanjuti hasil rapat tersebut, Sekretaris Umum KSM yang dalam hal ini dijabat oleh Kabid Penais Zawa Kanwil, Drs.H.Ramli H.M.Said segera memberitahukan tugas yang akan dilaksanakan oleh kesekretariatan kepada Wakil Sekretaris II yang dalam hal ini dipercayakan kepada Penyusun Bahan Siaran dan Pemberitaan Kanwil Kemenag Kalbar, Aris Sujarwono,SH,MH pada Hari Senin 4 April 2016. Kabid Penais yang pernah menjabat sebagai Kasubbag Hukmas dan KUB di beberapa tahun silam tatkala masih berpedoman pada KMA 373 Tahun 2012.

Kabid yang juga pernah menjabat Kepala Kemenag Kubu Raya pertama ini memberi tahu apa saja yang harus disiapkan nantinya saat pelaksanaan KSM Nasional Tahun 2016, namun dirinya akan menunggu tidak lanjut yang berupa rapat dan informasi dari Ka.Kanwil dan Kabid Pendidikan Madrasah beberapa waktu mendatang, sehingga ini menjadi pedoman dalam persiapan yang terbilang tinggal beberapa bulan lagi.

Semoga dengan dipercayanya Kalimantan Barat sebagai tuan rumah Kompetisi Sains Madrasah, Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Expo Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2016 akan menjadikan Kalbar sebagai gudang para generasi muda islami yang berbekal ilmu pengetahuan dan ketaqwaan kepada Allah SWT untuk menjadi pemimpin dan penerus pembangunan di Kalimantan Barat khususnya dan Indonesia umumnya, Amin Insya Allah ( AS_Inmas )