Dalam rangka ikut serta berpartisipasi sesuai dengan visi misi kementerian Agama untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, maka Kantor Urusan Agama Kecamatan Belitang menyelenggarakan pembinaan Usia Pranikah, rabu (24/5/2017).

Acara yang berlangsung di aula kantor desa Belitang di hadiri Camat Belitang, Kepala Kantor Kementerian agama Kabupaten Sekadau didampingi Kasubbag TU H.Suprapto,S.Pd.I dan Kasi Bimas Islam Muslimun,S.Ag.

Kepala Kemenag Sekadau H.Darohman,S.Ag.M.SI menyatakan Selain meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, Kemenag juga memiliki kewajiban membina masyarakat, mensejahterakan masyarakat terutama sejahtera lahir dan bathin. Ketika membentuk sebuah keluarga tentu memiliki tujuan yang mulia dalam mengarungi bahtera rumah tangga, niat mensejahterakan keluarga semua memiliki tujuan yang mulia diakhirnya yaitu membentuk keluarga Sakinah mawadah warrahmah. Namun tujuan itu tidak serta merta bisa tercapai, ada beberapa indikator penyebabnya.

Salah satu yang menjadi faktor penyebab kondisi keluarga tidak sampai kepada tujuan mulianya di antaranya kesiapan dari pasangan, seperti tidak siap mental, ekonomi. Dari sisi mental, contohnya anak baru selesai Sekolah Dasar sudah di nikahkan, sehingga terputus pendidikannya. Maka dengan kegiatan ini merupakan bagian untuk mengugah, memberikan bimbingan terutama kepada remaja usia pranikah.

Sementara Plh.Kepala KUA Belitang Chaerudin,S.Pd.I menyampaikan pembinaan usia pranikah sebagai upaya memberikan motivasi dan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kategori usia pranikah sehingga bisa menghasilkan keluarga sakinah mawadah warrahmah. Ia berharap peserta untuk proaktif. "Semoga kegiatan ini bisa menambah ilmu sebagai bekal bagi yang memasuki usia pranikah," imbuhnya. (Humas_KemenagSKD)

Berita: