PUTUSSIBAU – KAPUAS HULU. Rabu (23/08/2017) Kantor Urusan Agama Kecamatan Silat Hulu Kapuas Hulu melakukan pendataan para warga mualaf. Pendataan disekitar Desa Nanga Dangkan, Dangkan Kota dan Wilayah perbatasan antara Silat Hulu dan Silat Hilir. Petugas Pendataan Widya Ningsih,S.Pd mengatakan bahwa pendataan tersebut dilakukan dalam rangka untuk mengetahui jumlah para warga mualaf yang berdomisili di wilayah tersebut. Data-data yang diperoleh nanti akan dilaporkan ke KUA Kecamatan Silat Hulu sebagai bahan keperluan untuk Pembinaan dan untuk keperluan lainya.

Widya juga mengatakan bahwa pendataan dilakukan pada waktu sore selesai waktu ashar, dimana para warga sudah berada dirumah masing-masing. Pendataan langsung turun ke rumah-rumah warga dengan cara mencatat identitas mereka.  Dari pendataan tersebut diketahui jumlah warga mualaf dari dua wilayah tersebut sebanyak 43 orang, yang terdiri dari 16 laki-laki dan 27 perempuan. Adapun wilayah perbatasan antar Kecamatan Silat Hulu dan Kecamtan Silat hilir berjumlah 2 orang perempuan.

Selama pendataan Widya sempat berkomunikasi dengan para warga mualaf.  Para warga mualaf berharap dengan adanya pendataan tersebut akan terjalin komunikasi yang lebih baik dengan pihak KUA dan hubungan yang erat lagi dengan warga muslim lainnya. Mereka juga sangat berharap KUA Kecamatan Silat Hulu selalu melibatkan mereka didalam kegiatan Pembinaan Ke-Islaman maupun kegiatan keagamaan lainya.

“Kami sebagai warga muslim sangat bersyukur dan berterima kasih kepada KUA Kecamatan Silat Hulu Mustaqim,S.Ag yang telah melakukan pendataan ini. Kami berharap apabila ada Program Pembinaan dari KUA mereka semua dapat diikut sertakan”, ujar Penyuluh Non PNS Kecamatan Silat Hulu. (Ms/Kh)