Ada enam hak muslim terhadap muslim lainnya. Seperti Hadits Rasulullah SAW: “Hak seorang muslim terhadap sesama muslim itu ada enam: jika kamu bertemu dengannya maka ucapkanlah salam, jika dia mengundangmu maka penuhilah undangannya, jika dia meminta nasihat kepadamu maka berilah dia nasihat, jika dia bersin dan mengucapkan “alhamdulillah” maka do‘akanlah dia dengan “yarhamukallah”, jika dia sakit maka jenguklah dia, dan jika dia meninggal dunia maka iringilah jenazahnya.”

Berdasarkan hadits tersebut, salah satu hak seorang muslim terhadap muslim lainnya adalah jika sakit, maka muslim lainnya wajib menjenguknya. Seperti yang dilakukan oleh Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Kota Pontianak pada Senin, 4 Desember 2017 yang lalu. Ketua DWP Kemenag Ny Hermiati Azharuddin bersama delapan pengurus lainnya sengaja mengunjungi kediaman salah satu anggota DWP Kemenag Nurhayati Senang, yang sudah beberapa waktu dikabarkan sakit.

Informasi terkait kunjungan pengurus DWP Kemenag tersebut disampaikan oleh Ketua Bidang Sosial Budaya DWP Kemenag Kota Pontianak Ny Erna Usman, yang ditemui pada Rabu (6/12/2017). Menurut Ny Erna yang juga adalah istri dari Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Pontianak (Usman R, SPdI), kunjungan tersebut dilakukan sebagai bentuk perhatian dan empati pengurus DWP Kemenag kepada Nurhayati Senang yang biasa dipanggil ibu Kinoi.

Lebih lanjut Ny Erna mengatakan, ketika rombongan pengurus DWP Kemenag berkunjung ke rumah ibu Kinoi di Jalan Danau Sentarum, beliau masih belum pulih dan masih berbaring di tempat tidurnya. Menurut salah satu anaknya, seharusnya ibu Kinoi masih harus di rawat inap di rumah sakit. Tapi karena ada keluarganya yang menggelar acara pernikahan dan banyak keluarga yang berkumpul, sehingga beliau meminta untuk keluar dari rumah sakit.

Ketika ditanya apa penyakitnya? Ibu Kinoi mengatakan, salah satu penyakitnya adalah memiliki kolesterol tinggi. Sehingga mempengaruhi kondisi kesehatannya yang akhir-akhir ini agak melemah. Kepada Ibu Kinoi, Ketua DWP Kemenag Ny Hermiati Azharuddin mengatakan untuk selalu bersabar. Karena sakit merupakan salah satu ujian Allah kepada hambanya. Hermiati bersama rombongan juga mendoakan semoga Ibu Kinoi segera diangkat penyakitnya oleh Allah dan segera pulih dari sakitnya. Aamiin.

Turut serta bersama Ketua DWP Kemenag Kota Pontianak dalam kunjungan tersebut adalah Wakil Ketua I DWP (Ny Zainab Juniwati Sunardi), Ketua Bidang Sosial Budaya (Ny Erna Usman), Ketua Bidang Ekonomi (Ny Mardiah Akmal), beserta lima pengurus lainnya, yakni Ny Kamariah Mastur, Ny Melati Murni, Ny Maryam, Ny Eka Susanti, dan Hj Jamilah.*(Sumi/Ptk) 

Berita: