Kakanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat Drs. H. Ridwansyah, M.Si lakukan kunjungan silaturrahim ke Pondok Pesantren Al-Mizan di Kec. Sekayam Kabupaten Sangau didampingi oleh Ketua DWP Kemenag Kalbar Hj. Yenny Yuniar Ridwansyah, S.Pd dan Kepala Kankemenag Sanggau Drs. Taufiq beserta jajarannya, Rabu Sore (11/4). 

Kedatangan rombongan Kanwil Kemenag Kalbar disambut langsung pengasuh Pondok Al-Mizan Kec. Sekayam Sanggau  bersama beberapa orang ustaz dan ustazah.

Selain mengunjungi Pondok pesantren yang berada di daerah perbatasan dengan Malaysia, silaturrahim tersebut juga dimaksudkan untuk menyapa pimpinan pondok secara langsung sebagai tokoh agama dari kalangan ulama di Kalimantan Barat.

“Dengan Silaturrahim ini kami dapat melihat secara langsung proses belajar mengajar di pesantren Al-Mizan ini yang turut berperan aktif dalam membangun pendidikan agama dan keagaman Islam di Kalimantan Barat,” jelas Ridwansyah. 

Menurut Kakanwil, lembaga pesantren seperti inilah yang telah banyak memberi kontribusi besar bagi dunia pendidikan Indonesia sebelum munculnya lembaga-lembaga pendidikan modern seperti sekarang. “Kontribusi kalangan pesantren ini bukan saja dirasakan sekarang tapi dahulunya. Para pahlawan Indonesia banyak dari kalangan pesantren, salah satunya Jenderal besar Sudirman,” imbuhnya.

Lebih lanjut Ridwansyah menjelaskan bahwa setelah Indonesia merdeka, kontribusi lembaga pesantren semakin besar, ini terlihat dengan munculnya tokoh-tokoh nasional. Salah satunya mantan presiden RI KH Abdurrahman Wahid, dan tokoh-tokoh lainnya.

“Untuk itu kewajiban kita sebagai aparatur kementerian agama memperhatikan dan membantu usaha oleh pimpinan Pondok pesantren, para Kyai dan Ulama untuk mencerdaskan kehidupan bangsa ini. Kita amat berterima kasih kepada para para ustadz dan ustadzah yang telah susah payah mendidik anak bangsa dengan hikmah dan penuh kesabaran,” ujar Kakanwil.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Mizan merasa amat gembira dan merasa terhormat atas kunjungan Kakanwil tersebut seraya mengucapkan terima kasih atas kedatangan Kakanwil dan rombongan ke Pondok pesantren ini. Ia mendoakan agar Kementerian Agama semakin dapat melayani umat serta makin memberi kontribusi nyata bagi dunia pendidikan, terutama pendidikan Islam di Kalimantan Barat. (Ir-Inmas)

Berita: