Sebanyak 109 CJH asal Kabupaten Sanggau menjalani test biometri di Asrama Embarkasi Batam pada Selasa (31/07). Setyo Nugroho, S.Kom staff PHU Kemenag Sanggau yang mendampingi para jamaah melaporkan bahwa keseluruhan  CJH asal Sanggau dengan lancar mengikuti serangkaian pemeriksaan biometri ini

"Tahun ini ada perubahan cukup signifikan untuk pelayanan haji, jemaah haji kita yang biasanya diperiksa oleh Imigrasi Arab Saudi di Bandara Arab Saudi. Pada tahun ini pemeriksaan biometri dan kaitannya dengan data-data fisik mereka, dilakukan di sini (asrama haji) ketika turun di bandara, tidak melalui pemeriksaan seperti dulu," terangnya.

Setyo  menambahkan kegiatan tes biometri di Asrama Haji ini bertujuan untuk memangkas antrean. Berkaca pada tahun sebelumnya, antrean di Imigrasi Arab Saudi untuk tes biometri memakan waktu hingga berjam-jam.

"Bisa kita bayangkan, pada saat yang bersamaan seluruh jemaah dari berbagai penjuru dunia datang berbarengan. Sehingga antrenya saja minimalnya 4 jam, kalau crowded 10-12 jam. Tahun ini, atas kerja sama pemerintah kita dengan arab saudi, mereka memeriksa jemaah kita di sini (asrama haji)," terangnya. (fathur)

Berita: