SINGKAWANG. Jum’at (29/12) Kepala Kantor Kementerian Agama Drs. H. Nahruji, M.Si melaunching Pemutahiran Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Kantor Kemenag Kota Singkawang.

Kegiatan yang digelar di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang ini dihadiri oleh Kasubbag TU dan Kasi/Penyelenggara Kantor Kemenag Kota Singkawang, Kepala Kantor Urusan Agama se-Kota Singkawang beserta staf, Kepala dan Tata Usaha Madrasah Negeri dari MI, MTs dan MA se-Kota Singkawang serta segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Kantor Kemenag Kota Singkawang.

Pada kesempatan itu, Operator ZI Kantor Kemenag Kota Singkawang Aliyansah, S.Pd.I, M.Pd menjelaskan bahwa ZI merupakan program lanjutan dari penandatanganan Fakta Integritas yang dilakukan oleh Menteri Agama RI yang selanjutnya diikuti oleh seluruh ASN Kemenag se-Indonesia. Adapun dasar ZI ini adalah Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 186 Tahun 2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani. “Pada dasarnya ZI adalah predikat yang diberikan pada instansi pemerintah yang menjalankan manajemen dengan baik, yang terintegrasi didalamnya dan terlepas atau terhindar dari praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) dengan memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat,” tegas Ali menuturkan.

Kembali disampaikan Ali bahwa cara untuk membangun ZI pada tiap instansi dapat dilakukan dengan sistem aplikasi yang telah dibuat Kementerian Agama. Ada beberapa substansi dan indikator dalam aplikasi ZI diantaranya adalah Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Sumber Daya Manusia, Penguatan Akuntabilitas Kinerja dan Penguatan Pengawasan. Dengan terpenuhinya aspek tersebut diatas, maka suatu instansi pemerintah dapat dikategorikan sebagai WBK / WBBM.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Drs. H. Nahruji, M.Si dalam sambutannya sekaligus melaunching Pemutahiran Penilaian Mandiri Pembangunan ZI menuju WBK / WBBM Kantor Kemenag Kota Singkawang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim ZI yang selama ini telah bekerja keras sehingga kegiatan pembangunan ZI Kantor Kemenag Kota Singkawang dapat di launching sesuai dengan waktu yang ditentukan. Ia juga menyampaikan bahwa tahun ini kinerja Kementerian Agama mendapat sorotan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Oleh karena itu, ia mengungkapkan sesuai dengan instruksi Menteri Agama yang hadir pada saat peresmian 25 Balai Nikah melalui Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) di Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kalimantan Barat pada Kamis (28/12), yaitu agar setiap ASN Kemenag untuk bisa meningkatkan kinerja dan pelayanan pada masyarakat. Untuk itu, ia berharap melalui ZI ini dapat memberikan dorongan dan motivasi khususnya ASN Kemenag Kota Singkawang dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan yang lebih baik lagi ke masyarakat.

“Penerapan ZI ini tidak bisa dilakukan dengan bekerja sendiri. Oleh karena itu, setelah penilaian mandiri ZI ini di launching, setiap unsur dan satker untuk memperhatikan item dan indikator yang ada untuk dilaksanakan sehingga ada sinergisitas yang baik dalam rangka peningkatan kinerja dan pelayanan di lingkungan Kantor Kemenag Kota Singkawang. Dengan adanya ZI ini kita dapat melihat jalannya manajemen, fungsi manajemen dengan berbagai komponennya yang ada sehingga kita dapat menata Kantor Kemenag Kota Singkawang yang lebih baik kedepannya,” ujarnya.

Kegiatan launching diakhiri dengan ditekannya tombol kirim hasil Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas ke Menteri Agama RI yang diiringi dengan tepuk tangan dari para hadirin.(Jk/hms)

Berita: