Rangkaian acara Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Tahun 2017 di Provinsi Aceh resmi ditutup oleh Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Jumat malam (13/10/2017). Acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang untuk delapan cabang yang dilombakan. Yakni cabang Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), Musabaqah Hifdzil Qur'an (MHQ), Lomba Pidato PAI (LPP), Lomba Cerdas Cermat PAI (LCP), Lomba Kaligrafi Islam (LKI), Lomba Debat PAI (LDP), Lomba Seni Nasyid (LSN) dan Lomba Kreasi Busana (LKB).

Dari delapan cabang yang dilombakan, kontingen Kalbar hanya mengikuti enam cabang saja. Yakni MTQ, MHQ, LPP, LCP, LKB, dan LSN. Sedangkan lomba Kaligrafi dan Lomba Debat, Kalbar tidak mengirimkan peserta. Selanjutnya dari enam cabang lomba yang diikuti, kontingen Kalbar berhasil masuk final pada empat cabang. Yakni MTQ, MHQ, LPP dan LKB. Sementara pada cabang LCP PAI SD, tim Kalbar hanya berhasil masuk babak semifinal.

Untuk cabang MTQ ada empat peserta yang masuk final. Yakni Malikah Khaira Khalqillah (Cabang MTQ SD Putri), Syahida (MTQ SMP Putri), Muhammad Raihan Jamil (MTQ SMP Putra), Khairunnisa (MTQ SMA Putri). Selanjutnya pada cabang MHQ atas nama Abang Nabil Putra Setiawan (MHQ SD Putra). Kemudian pada Cabang LPP atas nama Maghfirah Izzani Nurmavida (LPP SD Putri). Terakhir Heba Sukmaraga Heru Rakasiwi (LKB SMA/SMK).

Dari tujuh peserta asal Kalbar yang masuk final tersebut, akhirnya hanya lima peserta saja yang berhasil membawa pulang piala tetap Pentas PAI Nasional VIII yang berlangsung dari tanggal 9 – 13 Oktober 2017 di Provinsi Aceh ini. gelar tertinggi dipersembahkan oleh Malikah Khaira Khalqillah Siswi SD Negeri 07 Pontianak Utara Kota Pontianak sebagai Juara III Cabang MTQ SD Putri. Kemudian juara Harapan I cabang MTQ SMA Putri atas nama Khairunnisa (Siswi SMA Negeri 1 Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya

Selanjutnya, Juara Harapan I LPP SD Putri atas nama Maghfirah Izzani Nurmavida (Siswi SD Islam Al-Azhar 21 Kota Pontianak). Juara Harapan II MTQ SMP Putri atas nama Syahida (Siswi SMP Negeri 1 Kabupaten Sambas). Serta Juara Harapan III MHQ SD Putra atas nama Abang Nabil Putra Setiawan (Siswa SD Negeri 09 Pontianak Tenggara Kota Pontianak).

Seluruh pemenang mendapatkan piala tetap, sertifikat dan sejumlah uang tunai yang akan ditransfer langsung ke rekening yang bersangkutan. Kepada seluruh pemenang khususnya dari Kalbar diminta untuk segera menyampaikan foto copy rekening yang sudah divalidasi oleh bank. Diutamakan rekening BNI.*(Sumi/Ptk)

Berita: