Rabu, 21 Februari 2018, LPTQ Kayong Utara-Guna mempersiapkan mental maupun Sumberdaya manusia dalam mengikuti Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XXVII Tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Kabupaten Mempawah juni mendatang, Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kayong Utara (KKU)  gelar Pelatihan mulai tanggal 21-24 februari 2018 di Sekretariat Nahdlatul Ulama(NU) jalan Bayangkara No 9 sukadana.

Acara pembukaan Pemusatan Pelatihan LPTQ KKU,di hadiri segenap Pengurus dan juga peserta, Tampak hadir dalam acara tersebut Kepala Kementerian Agama (Kakemenag) KKU H.Ruslan Hasan S.Ag.M.A.

Acara pembukaan dimulai pukul 09.00 pagi, diawali dengan lantunan gema wahyu Ilahi oleh Ust.Hambali.kemudian kata sambutan Panitia Penyelenggara Ujil Damsiqi.

H.Nazril Hijjar selau pengurus harian LPTQ KKU dalam sambutannya,mewakili Ketua umum H.Erwin Suderajat menyampaikan tujuan di adakannya acara pelatihan dan pemantapan peserta MTQ ke XXVII Mempawah.

“ini sebagai motivasi bagi generasi muda untuk mensiarkan agama islam,dan juga menyiapkan Kafilah yang siap bertanding,” katanya.

Selain itu juga,H.Nazril Hijjar mengungkapkan bahwa di tahun 2018 MTQ ke XXVII Mempawah kafilah KKU mengirim lima puluh lebih peserta.

“MTQ kali ini kafilah KKU mengirim penuh dari enam cabang perlombaan, bahkan cabang baru juga ikut dan yang membuat bangga semua peserta asli dari KKU berbeda dari tahun-tahun sebelumnya ,ngebon ,”ucap Nazril .Rabu (21/2/2018).

Menurut Nazril kenapa peserta Pelatihan Pemantapan yang di laksanakan pihaknya terlihat sepi. ”Beberapa cabang melakukan TC di Pondok Pesantren seperti hafalan 10 jus hingga 30 jus,untuk kaligrafi juga sudah di laksanakan yang hasilnya di kirim via WA APP,” jelasnya

Dalam MTQ ke XXVII kali ini,Nazril Hijjar tidak muluk–muluk untuk menargetkan perolehan medali. ”Kami cukup di atas kabupaten Ketapang, jika ketapang juara empat ya kita juara tigalah,” candanya sambil tersenyum lebar dengan Penuh Percaya diri di hadapan Hadirin dan juga Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Setda KKU Hj.Erliyani SE

Nazril Hijjar menjelaskan alasan kenapa setiap MTQ tingkat kanupaten, Kecamatan Simpang Hilir selalu menjadi juara umum. ”Di simpang Hilir Itu ada Guru yang Istiqomah mengajarkan tilawah, sehingga regenasi tersu berjalan seperti Sahabat Rustam Effendi, Hikmatul Munawaroh mereka sudah Go Provinsi,” jelasnya.

Mewakili Bupati KKU Hj.Erliyani Se menyampaikan pesan kepada LPTQ,selain penguatan materi juga di tambahkan penguatan mental.

“Sebenarnya, anak-anak kita siap dalam materi yang di lombakan,namun ketika sudah di podium mereka demam panggung.seperti yang di alami Nasrulloh. Oleh sebab itu tolong datangkan psikotes supaya mentalnya benar- benar siap,” harap Hj.Erliyani SE (Sudirmansyah)

Berita: