Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Pontianak yang ke-247 tanggal 23 Oktober 2018, Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Pontianak akan mengadakan kegiatan Hataman Qur’an Massal. Kegiatan rencananya akan dilaksanakan pada Sabtu, 20 Oktober 2018, bertempat di Masjid Raya Mujahidin Jalan Ahmad Yani Pontianak.

Informasi terkait kegiatan tersebut disampaikan langsung oleh Penyuluh Fungsional Agama Islam Kantor Kemenag Kota Pontianak Syarifah Azizah Lc yang ditemui Senin (8/10/2018). Syarifah Azizah yang juga adalah salah satu pengurus LPTQ Kota Pontianak ini juga menyampaikan bahwa LPTQ Kota Pontianak telah mengeluarkan surat edaran Nomor: 16/LPTQ-KOTA/10/2018 tanggal 2 Oktober 2018 tentang pemberitahuan Hataman Qur’an Massal.

Lebih lanjut Syarifah Azizah mengatakan, surat ditujukan kepada Kepala SD/MI, Kepala SMP/MTs, Kepala SMA/SMK/MA se Kota Pontianak. Berdasarkan surat tersebut, meminta kepada seluruh kepala SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA untuk dapat mengikutsertakan siswa siswinya dalam kegiatan hataman qur’an massal. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah para peserta sudah hatam qur’an 30 juz.

Selain itu, para peserta belum pernah mengikuti kegiatan hataman qur’an yang diselenggarakan oleh LPTQ Kota Pontianak pada tahun sebelumnya (2017). Masing-masing sekolah agar mendaftarkan pesertanya secara kolektif dengan mencantumkan nama masing-masing. Batas waktu pendaftaran peserta sampai dengan tanggal 15 Oktober 2018.

Adapun tempat pendaftaran: Kantor Wali Kota Pontianak cq. Bagian Kesra (Bapak Zulkarnain, S.Sos), Kantor Dinas Pendidikan Kota Pontianak (Bapak H. Syahdan Lajis, M.Pd), dan Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak (Ibu Syarifah Azizah, Lc). “Kepada pihak sekolah dan madrasah yang ingin mendaftarkan siswa siswinya bisa langsung ke tiga tempat tersebut,” timpal Syarifah Azizah.

Terkait kegiatan Hataman Qur’an Massal tersebut, Syarifah Azizah juga sudah bertemu dan berkoordinasi dengan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah yang baru Drs. H. Ahmad Hanafi, M.Si sesaat setelah dilantik oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak pada Kamis (4/10/2018). Tujuan pertemuan tersebut guna menyampaikan surat edaran LPTQ Kota Pontianak terkait Hataman Qur’an Massal dalam rangka hari jadi Kota Pontianak yang ke-247 tahun ini.*(sumi/ptk) 

Berita: