Kepala Kantor Kemenag Sanggau Drs M Taufik didapuk menjadi penceramah dalam kegiatan safari ramadhan Pemda Sanggau pada Sabtu (19/05). Kegiatan safari ini mengambil tempat di Masjid At Taqwa Desa Batang Tarang kecamatan Balai. Turut serta dalam rombongan antara lain Kepala Dinas Pertanian Drs John Hendry dan perwakilan  SKPD Pemkab Sanggau   yang lainnya.

Dalam ceramahnya M Taufik menekankan pada hikmah puasa dalam upaya pengendalian diri. Karena memang puasa (as shiyam) itu artinya menahan (imsa') maka hendaknya bagi yang berpuasa bisa menahan diri dari kehendak nafsu yang tidak baik. Baik itu nafsu keserakahan, nafsu kehewanan dan nafsu kemaksiatan

Apalagi saat ini ada nafsu yang terkadang dianggap baik tapi sebenarnya menimbulkan kehancuran. Yaitu nafsu rububiyah, atau nafsu yang menganggap dirinya sebagai Tuhan. Nafsu inilah yang melandasi para teroris melakukan perusakan atas nama agama dengan membenarkan segala cara. 

Lebih lanjut M Taufik menginginkan agar umat Islam dalam menjalankan ibadah puasa bisa menahan diri dari nafsu yang merusak dan menjadikan puasa sebagai benteng pertahanan. Dengan berpuasa sungguh-sungguh, akan timbul nafsul muthmainah, nafsu yang tenang dan mampu membawa kebaikan. (fathur)

Berita: