SALATIGA. Kegiatan Studi Banding Kunjungan Kerja Kaji Tiru (K3T) Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Singkawang hari Rabu 22/11/2017 dilanjutkan ke wilayah Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Pertemuan Gedung Sekretariat Daerah Balaikota Salatiga, jalan Sukowadi. Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Walikota Salatiga Aris SS.MSi. beserta jajarannya serta Ketua FKUB Salatiga KH.Nur Rofiq, serta pengurus FKUB lainnya.

Dalam pemaparannya wakil walikota Aris menjelaskan bahwa motto kota Salatiga adalah " HATI BERIMAN YANG SMART" dengan luas wilayah 56,781 Km2, terbagi 4 wilayah kecamatan dan 23 kelurahan. Etnis yang berdomisili pada wilayah tersebut sekitar 30 paguyuban dan merupakan miniatur dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sementara itu Ketua FKUB Kota Salatiga. KH.Nur Rofiq memaparkan perkembangan Pemeliharaan Kerukunan umat beragama di kota Salatiga telah berlangsung sejak lama bahkan sebelum terbitnya Peraturan Bersama Menteri Nomor 9 dan 8 Tahun 2006, dimana pada tahun 2003 atas inisiatif tokoh ulama kharismatik kota Salatiga dibentuk lembaga bernama MAJELIS PUASA (PIMPINAN UMAT BERAGAMA SALATIGA) berupa Majelis yang beranggotakan seluruh pimpinan umat beragama yang berdomisili dikota Salatiga dengan tujuan untuk pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama di wilayah kota Salatiga tersebut.

Keberadaan dan kiprah MAJELIS PUASA ini mendapat perhatian dari Mentri Agama RI saat itu Alwi Sihab. Pengurus Majelis ini sempat dua kali di undang ke Jakarta untuk sebagai narasumber dalam rangka persiapan pembentukan PBM No.9 dan 8 tahun 2006 sebagai dasar pembentukan FKUB yang sampai saat ini telah berdiri di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Adapun program kegiatan yang telah dan sedang di laksanakan oleh pengurus FKUB Kota Salatiga pada saat ini selain sesuai dengan tupoksi yang tertuang dalam PBM No. 9 dan 8 Tahun 2006 juga dibuat program kreatif dengan nama KEHATI ( KERUKUNAN SEHAT INSANI ) yaitu tokoh agama kota Salatiga mengadakan pertemuan dengan masyarakat dengan memberikan nasehat-nasehat serta obat herbal bagi masyarakat lansia maupun dewasa yang membutuhkannya secara gratis, kegiatan ini dilaksanakan dengan dasar pemikiran bahwa setiap insan penganut agama apapun tetap memerlukan hidup yg sehat dan bahagia dalam menjalani hidupnya.

Selanjutnya dijelaskan pula tentang jumlah rumah ibadah yang ada di wilayah kota Salatiga antara lain yaitu Masjid sebanyak 215 buah dengan Musholla sebanyak 301 buah. Untuk Gereja Katholik ada 2 buah, Gereja Kristen 101 buah, Pure 1 buah serta Vihara 1 buah.

Diakhir kegiatan kunjungan kerja tersebut seluruh pengurus FKUB Salatiga dan pengurus FKUB Singkawang melanjutkan kegiatan dengan melaksanakan kunjungan ke beberapa rumah ibadah yang berada di wilayah kota Salatiga. (Baharuddin)

Berita: