Menyusul keberhasilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak sebagai pemenang Pawai Mobil Hias OPD dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1440 Hijriyah, pada kategori pawai pejalan kaki kafilah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pontianak juga mampu menjadi yang terbaik dan mengungguli ratusan kelompok/kafilah pejalan kaki lainnya. Tiga dewan juri pawai akbar pun sepakat memberikan nilai 780 kepada kafilah MAN 2 Pontianak.

Informasi tersebut disampaikan oleh salah satu Pengurus Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pontianak Syarifah Azizah, Lc saat ditemui di Kantor Kemenag Kota Pontianak, Jumat (14/9/2018). Syarifah Azizah yang juga adalah Penyuluh Fungsional Agama Islam Kantor Kemenag Kota Pontianak ini menuturkan bahwa kafilah MAN 2 turun dengan jumlah peserta pawai hampir seribu orang. Terdiri dari siswa, dewan guru, Kepala MAN 2, TU, tenaga honorer serta Mahasiswa PPL.

Adapun pemenang atau Juara II pawai pejalan kaki, diraih oleh kafilah SMA Negeri 1 Pontianak dengan nilai 730. Juara III, diraih oleh MAN 3 Pontianak dengan nilai 685. Kemudian Juara Harapan I diraih SMK Negeri 5 Pontianak. Juara Harapan II, SMA Negeri 8 Pontianak. Juara Harapan III diraih kafilah Pondok Pesantren Assalam Pontianak.

Kepada seluruh pemenang pawai pejalan kaki diberikan piagam penghargaan dan piala tetap. Selain itu, juga diberikan uang tunai. Masing-masing untuk Juara I (2 juta rupiah), Juara II (1,5 juta rupiah), dan Juara III (1 juta 250 ribu rupiah). Sedangkan untuk Juara Harapan I (1 juta rupiah), Juara Harapan II (750 ribu rupiah), dan Juara Harapan III (500 ribu rupiah).

Pawai akbar yang merupakan agenda rutin Pemerintah Kota Pontianak melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) ini, dilepas langsung oleh Plt. Walikota Pontianak Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, MM., MT didampingi Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak H. Ekhsan, S.Ag, M.Si berserta sejumlah pejabat lainnya. Acara pelepasan peserta pawai akbar ditandai dengan pemukulan tar. Kegiatan dipusatkan di depan Kantor Wali Kota Pontianak, Jalan Rahadi Oesman, Selasa, 11 September 2018.

Selain peserta pawai pejalan kaki, yang diikuti oleh kelompok drum band dari sejumlah sekolah yang ada di Kota Pontianak, juga ada pawai mobil hias. Seluruh peserta pawai pejalan kaki dan mobil hias dinilai oleh tiga dewan juri. Yakni, Mahrani, Rusdiyansyah, dan Febi Purwanto. Selain itu, seluruh peserta pawai juga mendapatkan kupon door prize dan berkesempatan memenangkan ratusan door prize. Antara lain kulkas, mesin cuci, televisi, sepeda gunung, kompor gas, dispenser, rice cooker, setrika, dan sejumlah hadiah hiburan lainnya.*(sumi/ptk)

Berita: