Sambas- Gugusdepan Habibie – Ainun MAN Insan Cendekia Sambas,  Dalam ajang Lomba Lintas Alam 2017 tingkat Kabupaten Sambas yang dilaksanakan oleh Saka Kalpataru di bawah Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman dan Lingkungan Hidup MAN Insan Cendekia Sambas menurunkan 4 Sangga yaitu terdiri dari 2 sangga putra dan 2 sangga putri, dalam lomba ini diikuti oleh SMA/SMK/MA yang berada dikabupaten sambas, minggu (1/10/2017).

Kak Yosep Sartomo Musino, S.Ag, Selaku Pimpinan Saka mengatakan, selamat kepada MAN IC Sambas  yang telah berhasil membawa pulang Juara 1 untuk sangga putra 1 dan juara 3 sangga putra 2 serta juara satu sangga putri 1 dan juara 3 sangga putri 2. Berkat perjuangan yang keras dan semangat yang tinggi, Anggota Gudep Habibie – Ainun dapat menyabet 4 pilara sekaligus. Dan berharap kegiatan selanjutnya MAN IC Selalu terdepan.

“Syukur Alhamdulillah semua anggota bisa sampai ke garis finish dalam keadaan tidak kurang suatu apa pun. Ini merupakan awal dari perjuangan kita selama satu periode ke depan. Harapannya setelah ini, akan ada prestasi-prestasi lain yang dapat mengharumkan nama Gudep Habibie – Ainun MAN IC Sambas,” lanjut Afza Ruzaini.

Kegiatan Lomba Lintas Alam ini dimulai pukul 08.00 WIB dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Kemudian seluruh peserta diberangkatkan dengan berjalan kaki sejauh 10 km. Selama perjalanan ada 7 pos yang harus dilalui oleh para peserta, yaitu Pos Pidato Lingkungan, Pos Membuat Poster tentang lingkungan, Pos Membuat Bivak, Pos Morse dan Sandi, Pos Semaphore Pos Menaksir tinggi dan pos terakhir Pos Simulasi pembuatan kompos. Tim MAN IC Sambas sampai di finish puku 15.00 lebih awal dari tim tim yang lain.

TIM MAN IC Sambas  berhasil menyelesaikan perlombaan dalam waktu yang cukup singkat. Di samping kondisi fisik yang sudah terlatih, semangat juang yang tinggi serta rasa kekeluargaan yang cukup erat pun menjadi faktor utama dalam melewati rintangan-rintangan yang dihadapi selama perlombaan berlangsung. Ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Gudep Habibie – Ainun MAN IC Sambas.(dedi/hmsic)