Selasa, 09 Juli 2019, 10:21 dedisambas

Sambas, MAN Insan Cendekia Sambas Kalimantan Barat In House Training (IHT) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah sebagai persiapan guru untuk menghadapi tahun ajaran baru. Salah satunya MAN Insan Cendekia Sambas melaksanakan kegiatan tersebut dari tanggal 9 – 12 Juli 2019 (09/07)

Kegiatan ini dibuka langsung oleh bapak Drs. H Syarifendi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kaliimantan Barat dan ikut hadir dalam kegiatan ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sambas Bpak H. Sipni, S.Pd.I., M.Pd dan seluruh guru MAN Insan Cendekia Sambas serta guru guru diwilayah KKM MAN Sambas.
“Kegiatan IHT dilaksanakan untuk memberikan pemahaman dan penyusunan kurikulum, selain itu juga meningkatkan kompetensi guru,” ujar Kabid Penmad Kanwil Kemenag Kalbar


Syarifendi berharap, setelah mengikuti kegiatan IHT, tenaga pendidik dapat menerapkannya dalam kegiatan belajar dan mengajar sehari-hari di sekolah. Kegiatan belajar mengajar  tak lepas dari peran guru itu sendiri, sehingga guru harus dapat mengeluarkan keteladanan serta memiliki kemampuan yang mumpuni.
“IHT dibutuhkan untuk menjaga kualitas sumber daya manusia dan potensi yang mereka miliki sehingga mampu mendukung visi misi pendidikan MAN IC,” tambahnya.
Kepala TU MAN Insan Cendekia Sambas, Herion mewakili kepala Madrasah dalam sambutannya menyampaikan In house Training ini bertujuan dan mengambil tema ” mewujudkan Penilaian yang shahih, objektif, adil, terbuka, berkesinambungan, dan sistematis guna menunjang penguasaan kompetensi Abad 21 dan Era Industri 4.0”
Selain itu, ungkap Herion, adalah menyamakan pemahaman dan persepsi, tentang kebijakan ke depan dalam pengelolaan dan pendidikan di sekolah. 
Dalam kegiatan ini pula kepala kantor kementerian agama kab. Sambas  H. Sipni mengatakan diadakannya IHT ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kerja guru dalam hal mengajar atau administrasi guru.

Selain itu, dikatakannya bahwa kegiatan ini juga untuk evaluasi kegiatan belajar harus selalu dilakukan untuk pelayanan yang baik bagi siswa, terang Sipni ( ded/hmsic)