Sambas@MAN Insan Cendekia Sambas. Madrasah Aliyah se-Kabupaten Sambas kembali menggelar kegiatan School Meeting ke-XII di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Sidang Kecamatan Tebas. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dua malam, 12-14 Desember 2017. Madrasah Aliyah yang mengikuti kegiatan School Meeting berjumlah 9 MA, yaitu:

  1. MAN Sambas,
  2. MAN IC (Insan Cendekia) Sambas,
  3. MAS Basuni Imran Sambas,
  4. MAS YASTI (Yayasan At-Tarbiyah Al-Islamiyah) Sekura,
  5. MAS Gerpemi (Gerakan Pemuda Muslim Indonesia) Tebas,
  6. MAS Al-Hikmah Sidang,
  7. MAS MUDI (Majelis Ukhuwah Da’wah Islamiyah) Pemangkat,
  8. MAS Raudatul Ulum Jawai, dan
  9. MAS Muhajirin Subah.

Kegiatan School Meeting kali ini memperlombakan 21 cabang dengan memperebutkan 105 piala untuk juara I, II, III. Adapun cabang-cabang lombanya, yaitu: Khatamul Qur’an, Fahmil Qur’an, Musabaqah Tilawatil Qur’an, Khutbah, Hifzil Qur’an, Kaligrafi, Syarhil Qur’an, Pidato Bahasa Inggris, Bekesah, Fashion Show, Tari Melayu Kreasi, Qasidah, Mars dan Hymne, Senandung Shalawat, Singer, Futsal, Volly, Badminton, Tenis Meja, Lari 100 M, dan SKJ.

Dari 105 piala yang diperebutkan, MAN Insan Cendekia Sambas Sambas berhasil menggondol pulang 16 piala, dalam ajang School Meeting ke 12 se Kabupaten Sambas Tahun 2017. Adapun cabang-cabang yang berhasil membuahkan piala adalah:

>> Juara I Pidato Bahasa Inggris Putra

>> Juara I Pidato Bahasa Inggris Putri

>> Juara I Hifzil Qur’an Putri

>> Juara I MTQ Putra

>> Juara I Khutbah Jumat

>> Juara I Fashion Show

>> Juara I Senam Kesegaran Jasmani

>> Juara II Syarhil Qur’an

>> Juara II Madrasah Singer Putra

>> Juara II Madrasah Singer Putri

>> Juara III. Kaligrafi Putri

>> Juara III Tari Melayu Kreasi

>> Juara III MTQ Putri

>> Juara III Bekesah

>> Juara III Badminton Sigle Putra

Kendati banyak piala yang berhasil dijuarai MAN Insan Cendekia Sambas tetap mengedepankan silaturrahmi sebagai tujuan utama dari pelaksanaan School Meeting MA se Kabupaten Sambas. Hal ini dijelaskan oleh Mursidin, M.Ag. selaku Kepala MAN Insan Cendekia Sambas sekaligus Ketua KKM Madrasah Aliyah se Kabupaten Sambas, bahwa “tujuan utama dari School Meeting ini adalah untuk merajut dan mempererat silaturrahmi antar Madrasah Aliyah”. Selain itu, kegiatan School Meeting ini juga “menjadi tantangan dan peluang dalam mengelola kegiatan khusus madrasah”, serta “untuk menunjukkan bahwa prestasi yang diraih membuktikan madrasah aliyah itu ada di Kabupaten Sambas dan siap bersaing dengan sekolah-sekolah umum lainnya”, tukas Mursidin.

Kegiatan School Meeting ke 12 yang dilaksanakan di MAS Al-Hikmah Sidang berjalan lancar, dan pelaksanaannya ditutup pada pagi Kamis, 14 Desember 2017.(ded/hmsic)