SAMBAS_Senin, 17 Juli 2017 merupakan hari pertama masuk sekolah pada Tahun Ajaran 2017/2018. Kebiasaan yang sering dilakukan pada hari pertama masuk sekolah ialah penyambutan peserta didik baru. Demikian juga yang dilaksanakan MAN INSAN CENDEKIA SAMBAS.

Penyambutan Peserta Didik Baru dilaksanakan di halaman kampus MAN INSAN CENDEKIA SAMBAS dari pukul 08.00 sampai pukul 11.00. Acara yang dipandu oleh Umi Adilah Lufiah tidak hanya dihadiri oleh peserta didik baru, tetapi juga oleh orang tua / wali, guru dan staff TU, perwakilan masyarakat Desa Rambi bahkan undangan dari Kanwil Kemenag Kalbar.

Acara penyambutan peserta didik baru dimulai dari siswa siswi menampilkan qasidah dan membaca aqidatul awwam. Kemudian pembacaaan tilawah yang dibaca oleh Rasyid Rida (XI IIS) dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Bapak Mursidin selaku Kepala MAN INSAN CENDEKIA SAMBAS. “Peserta didik baru tahun ini merupakan generasi Abu Bakar As Sidiq yang terdiri dari 46 siswa dan 49 siswi . Sebagai generasi Abu Bakar As Sidiq siswa siswi diharapkan memiliki jiwa yang tangguh, pintar, dan pantang menyerah” ujar Pak Mur.

Sambutan lainnya disampaikan oleh Kabag TU Kanwil Kemenag Kalbar yaitu Drs. H. Ridwansyah, M.SI, sekaligus membuka acara Matsama (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah). Pak Ridwansyah berharap siswa siswi di MAN IC SAMBAS ini siap untuk mandiri, bersikap islami, dan berprestasi sesuai dengan motto MAN IC SAMBAS. Tidak hanya itu, Pak Ridwansyah berharap siswa siswi dapat mengikuti matsama dengan sebaik-baiknya hingga selesai.

MAN INSAN CENDEKIA SAMBAS merupakan sekolah yang berbasis boarding school. Sebagai sekolah yang berbasis Broading School ini orang tua dilarang menemui peseta didik baru selama 40 hari. Tujuan pelarangan ini agar peserta didik baru lebih mandiri dan mempunyai jiwa yang tangguh. Kegiatan penyambutan peserta didik baru diakhiri dengan foto bersama antara pegawai Kemenag, Generasi Assabiquna Al Awwalun, dan Generasi Abu Bakar As Sidiq. (Dedi)