Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), MAN Sanggau mulai mengadakan tryout UNBK bagi siswa kelas XII. Selama 3 hari, mulai Senin (12/02) sampai dengan Rabu (14/02) baik siswa kelas IPS maupun IPA bergantian berhadapan dengan layar monitor komputer menghadapi simulasi soal-soal UN berbasis komputer.

Kepala MAN Sanggau Drs Ismatullah mengatakan tujuan diadakannya tryout ini adalah untuk membuat para siswa terbiasa mengerjakan soal-soal UN menggunakan komputer. Dari sisi pengelolaan, pelaksanaan tryout ini digunakan sebagai ajang percobaan dan simulasi untuk menemukan tehnik pengelolaan terbaik dalam UNBK di MAN nanti. Sementara ini MAN Sanggau menyediakan 35 unit komputer dalam kegiatan tryout kali ini.

Selain itu, MAN juga menyediakan dua orang tenaga operator sekaligus pengawas kegiatan ujian yang berbasis komputer ini. Menyesuaikan dengan kegiatan yang berbasis computer, maka operator dan pengawas tidak perlu berkeliling kelas mengawasi kegiatan ujian, namun sekedar duduk di depan monitor komputer mengawasi pelaksanaan ujian, sekaligus memonitor kondisi jaringan internet di ruangan.

Ketua Panitia Try out Ari Bawanta, S.Pd menyampaikan dari hasil tryout nanti akan dievaluasi segala hal. Mulai dari kemampuan jaringan, kondisi komputer, kapasitas ruangan, stabilitas suplly listrk, dan yang pasti kesiapan para siswa. Jadi, masih akan sering dilakukan tryout, agar semuanya lancar pada saat hari-H pelaksanaan UNBK. (Fathur-Sanggau)

Berita: