Manasik Haji Pemerintah Kabupaten Melawi Tahun 1439 H/2018 M diikuti oleh 101 peserta calon haji Kabupaten Melawi, pada tanggal 11 Juli 2018 di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi. Selain para calon haji, hadir pula tamu undangn, para Kepala Dinas terkait, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi dan Bupati Melawi, Panji, S.Sos  yang ditemani oleh Ketua Team Penggerak PKK Kabupaten Melawi.

Dalam sambutan pembuka, Ketua Panitia Acara Drs. H. Midiamin, M.Si mengatakan bahwa Manasik Haji mempunyai tujuan yang sangat baik, yaitu agar para Jemaah calon Haji memahami betul tata cara Ibadah Haji di Tanah Suci, sehingga dengan demikian dapat mengikuti berbagai rangkaian kegiatan dengan mantap. "Pemerintah Kabupaten Melawi tentu sangat mendukung acara ini sehingga kami berharap para peserta dapat mengikutinya dengan penuh semangat. Pemda Melawi melalui Bapak Bupati akan memberikan batik khas Melawi sebagai seragam dan uang saku 1,5 juta per calhaj yang akan diberikan pada saat berangkat.  Semuanya ini merupakan wujud dukungan pemerintah kepada para jemah calon haji,” ucapnya yang disambut tepuk tangan oleh para peserta.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi, H. Abdulbar, S.Ag, M.Pd menegaskan bahwa Ibadah Haji adalah rukun Islam yang kelima. Rukun Islam yang kelima ini berlaku bagi orang yang dianggap mampu baik secara materi maupun secara spiritual. "Secara material kita harus menabung karena ibadah haji perlu biaya tetapi secara spiritual kita harus sungguh-sungguh mempersiapkan diri dengan mantap, maka kita perlu mengoreksi diri dan sampai kepada sikap tobat, sehingga dengan demikian ibadah haji menjadi lancar dan pulang menjadi haji yang mabrur,”  ajaknya mantap dihadapan para jemaah calon Haji Melawi. Di akhir sambutannya beliau memohon kesediaan Bupati Melawi untuk menyampaikan arahan dan sekaligus secara resmi membuka acara.

Dalam arahannya Bupati Melawi, Panji, S.Sos mengungkapkan ibadah haji adalah sebuah panggilan Allah, maka calon haji disebut sebagai tamu Allah. "Ibadah Haji adalah ibadah yang sangat dirindukan dan dicita-citakan oleh umat muslim; banyak orang yang mau tetapi nggak bisa oleh karena berbagai alasan; tetapi Bapak, Ibu dan Saudara/I yang terpilih untuk memenuhi rukun Islam yang ke lima ini. Oleh karena itu saya mengajak kita semua untuk bersyukur atas kesempatan yang penuh rahmat ini. Siapkanlah diri dari sekarang, baik mental maupun fisik dan ikutilah manasik haji ini dengan sungguh-sungguh sehingga nanti di tanah suci dapat mengikuti  prosesi haji dengan tertib dan lancar dan akhirnya Bapak, Ibu, Saudara/I menjadi haji yang mabrur,” ungkapnya yakin di hadapan peserta manasik haji. (geby melawi)

Berita: