SINGKAWANG. Mengingat semakin dekatnya musim haji/waktu pelaksanaan ibadah Haji tahun 1439 H / 2018 M, Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang melalui Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) menggelar kegiatan Manasik Haji Tingkat Kecamatan bagi Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Singkawang tahun 1439 H / 2018 M. Kegiatan Manasik Haji Tingkat Kecamatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Drs. H. Nahruji, M.Si di Pendopo Masjid Agung Singkawang pada Jum’at (22/6).

Ketua panitia Abdul Muthalib, S.Pd.I dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan manasik haji tingkat kecamatan ini sebagai sarana untuk peningkatan dan pemantapan pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang baik dan benar sesuai dengan tuntunan syariat Islam. Selain itu, Abdul Muthalib juga memaparkan bahwa pada kegiatan ini para CJH akan diberikan materi tentang kebijakan pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah Haji tahun 1439 H, bimbingan kesehatan, proses perjalanan ibadah haji, bimbingan ibadah Haji dan Umrah dan permasalahan-permasalahan yang sering terjadi dalam pelaksanaan ibadah haji yang akan disampaikan oleh para narasumber yang menguasai bidangnya masing-masing.

Sedangkan untuk pelaksanaan manasik haji ini diikuti oleh 110 CJH Kota Singkawang yang dibagi pada dua rayon. Rayon I terdiri dari Kecamatan Singkawang Tengah dan Timur dengan jumlah jamaah sebanyak 57 orang dan Rayon II yang terdiri dari Kecamatan Singkawang Barat, Utara dan Selatan dengan jumlah jamaah sebanyak 53 orang jamaah. Adapun manasik haji tingkat kecamatn ini akan dilaksanakan selama 8 (delapan) hari yaitu tanggal 22 sampai 30 Juni 2018.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang Drs. H. Nahruji, M.Si saat membuka kegiatan mengucapkan selamat pada CJH yang akan berangkat pada tahun 2018 ini menjadi tamu Allah SWT di Baitullah Makkah al Mukarromah. Ia mengajak para CJH untuk mensyukuri nikmat yang besar ini untuk menyempurnakan rukun Islam yang kelima. Hal ini dikarenakan daftar tunggu yang begitu panjang untuk bisa menunaikan ibadah haji. “Dari kurang lebih 1.700 jamaah yang mendaftar haji di Kantor Kemenag Kota Singkawang, tahun ini terpilih bapak-bapak dan ibu-ibu sebanyak 110 orang untuk menjadi tamu Allah SWT menyempurnakan Rukun Islam yang kelima,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia berpesan kepada seluruh CJH Kota Singkawang agar menyimak dengan benar semua materi yang akan disampaikan oleh narasumber, karena tujuan dari kegiatan manasik haji ini adalah untuk menuntun CJH agar dapat melaksanakan ibadah haji nanti dengan baik dan lancar sesuai dengan tuntunan yang telah disyariatkan.(Jk/skw)

Berita: