Sungguh membanggakan, salah satu Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Kota Pontianak Mauluddin, S.Pd.I dinobatkan sebagai peserta terbaik I dalam kegiatan Workshop Tuntas Baca Tulis Alquran (TBTQ) pada Sekolah Dasar (SD) angkatan 2 Tahun 2018. Workshop tersebut digelar oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Kegiatan berlangsung selama tiga hari (tanggal 23 – 25 Mei 2018), di Hotel Mercure Pontianak.

Informasi tersebut disampaikan oleh salah satu peserta workshop Dede Abdullah, S.Pd.I usai mengikuti kegiatan pada Jumat (25/5/2018). Dede Abdullah yang juga adalah Guru PAI SD Bawamai Pontianak ini mengatakan, kegiatan diikuti sebanyak 45 peserta yang berasal dari 14 Kabupaten/Kota di Kalbar. Selain itu, kegiatan juga diikuti oleh peserta dari Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara.

Penobatan Mauluddin yang juga adalah Guru PAI SD Islam Al-Azhar 21 Pontianak sebagai peserta terbaik I dalam Workshop TBTQ Tahun 2018 ini diumumkan panitia dalam acara penutupan kegiatan pada Jumat, 25 Mei 2018. Menurut Dede Abdullah, dalam acara penutupan tersebut, panitia mengumumkan sepuluh peserta terbaik workshop. Empat peserta berasal dari Kota Pontianak. Yakni Mauluddin (Terbaik I), Ahmad, M.Pd.I (Terbaik II), Hasyiah, S.Pd.I (Terbaik III), dan Abdul Karim, S.Ag (Terbaik X).

Sementara Mauluddin yang dimintai keterangan terkait penobatan dirinya sebagai peserta terbaik pada Workshop TBTQ tersebut mengaku senang dan tidak menyangka kalau dirinya bisa terpilih sebagai peserta terbaik I. Karena peserta dari Kabupaten/Kota serta dari empat provinsi lainnya juga bagus. Untuk kriteria penilaian, Mauluddin sendiri mengaku tidak mengetahui secara pasti. Mungkin berdasarkan akumulasi dari hasil pre test, post test, keaktifan selama kegiatan, penguasaan materi, dan micro teaching, jawabnya singkat.*(sumi/ptk)

Berita: