Melaksanakan tugas dan fungsi yang diemban dalam rangkaian visi Bimas Islam Kementerian Agama Republik Indonesia yaitu mewujudkan masyarakat Islam Indonesia yang bertaqwa dan sejahtera menjadi salah satu spirit dalam pelaksanaan kerja sehari hari. Untuk itulah berbagai kebijakan yang dituangkan dalam RKA-KL Tahun 2018 dan selanjutnya berpedoman pada visi tersebut.

Salah satu implementasi dari visi tersebut adalah terbangunnya balai nikah dan manasik haji KUA Kecamatan guna mewujudkan pelayanan keumatan yang berintegritas dan terstandarkan secara nasional. Sejak digulirkannya program SBSN (Surat Berharga Syariah Negara), Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat telah mendapatkan alokasi sebanyak 31 Balai Nikah dan Manasik Haji dengan jumlah 6 di Tahun 2016 dan 25 di Tahun 2017.

Dan untuk Tahun 2018 ini, Kanwil Kementerian Agama mendaparkan alokasi sebanyak 8 pembangunan balai nikah dan manasik haji. Delapan bangunan tersebut tersebut di 8 Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat, sehingga dibutuhkan kunjungan yang intensif guna pelaksanaan yang sesuai dengan standar nasional.

Untuk itulah di Hari Senin 12 Maret 2018, Kasi Pemberdayaan KUA Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Aris Sujarwono,MH bersama M.Mirza Idrab melaksanakan monev persiapan pembangunan SBSN 2018. Didampingi Kasubbag Tata Usaha Kantor Kemenag Kayong Utara, Kamadi,S.Pd.I dan Kasi Bimas Islam H.M.Safar, maka Aris Sujarwono dan M.Mirza Idrab mengunjungi KUA Sukadana yang tepat berada di sebalah PLN Cabang Kayong Utara.

Dalam penjelasannya, Aris Sujarwono menyatakan bahwa Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Republik Indonesia telah memutuskan regulasi tentang prototype Balai Nikah dan Manasik Haji Tahun 2018 dan seterusnya. Sehingga bentuk dan konsep bangunan akan sama dari Sabang sampai Merauke sama dengan kementerian dan lembaga lainnya.

Tak lupa Kasi Bimas Islam Kemenag Kayong Utara, H.M.Safar menyatakan telah siap segala berkas yang diperlukan termasuk telah menyurati ke Biro Umum Setjen Kemenag Republik Indonesia untuk penetapan status penggunaan gedung serta penghapusan nantinya.  Kepala KUA Sukadana Rusli,S.Pd.I membantu mengarahkan lokasi tanah yang berukuran 20 x 41 M2 ini.

Sebelum pulang Aris Sujarwono bersama M.Mirza berfoto dengan Kasubbag TU Kamadi,S.Ag dan Kasi Bimas, H.M.Safar serta Kepala KUA Sukadana, Rusli,S.Pd.I dan JFU Ibu Tengku Aminah sebagai bentuk kunjungan dan laporan kunjungan kedinasan dan pertanggung jawaban keuangan nantinya. (AS)   

Berita: