Memperingati Hari Amal Bakti Kementerian Agama Republik Indonesia ke-74 tahun 2020, Kementerian Agama  Kabupaten Sintang melaksanakan Khitan Massal sebanyak 485  peserta yang dilaksanakan di dua tempat, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang dan Puskesmas Kecamatan Dedai, Senin (23/12/2019).

Ketua panitian penyelenggara H. Nurhadi menjelaskan dari 485 peserta sebanyak 335 peserta dilaksanakan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang dan 150 peserta di Kecamatan Dedai, di Kantor Kementerian Agama panitia menyiapkan tempat untuk 44 orang dalam satu tahapan.

“Peserta khitan massal bukan hanya diikuti umat muslim, namun juga diikuti oleh umat nasrani yang ada di Kabupaten Sintang,” kata H. Nurhadi.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dr. Harysinto Linoh mengatakan di Kantor Kementerian Agama pihaknya menurunkan 100 tenaga kesehatan perawat dan dokter, di Puskesmas Kecamatan Dedai sebanyak 50 hingga 70 tenaga medis maupun paramedis.

“Selain tenaga, Dinas Kesehatan juga membantu dalam hal obat-obatan agar kegiatan ini dapat berlangsung sesuai harapan bersama,” kata dr. Harysinto Linoh.   

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang H. Anuar Ahmad, S. Ag mengatakan khitan massal yang dilaksanakan tahun ini pesertanya lebih banyak dari tahun sebelumnya, setiap tahunnya terjadi peningkatan jumlah peserta, peserta dalam berbagai suku dan jenjang usia.

“Jadi memang kerukunan antar umat beragama merupakan modal untuk menjaga kesatuan dan persatuan Bangsa yang pada akhirnya menjadi modal sosial,” tambah Anuar Ahmad.