Setelah berkompetisi di babak penyisihan cabang Fahmil Qur'an pada MTQ XXVII Tingkat Provinsi Kalimantan Barat, akhirnya 4 Regu utusan dari 14 Kabupaten Kota se Kalimantan Barat maju ke babak Final, Rabu, 4 Juli 2018.

Masing-masing regu tersebut adalah Regu A dari Kab Sintang, Regu B dari Kapuas Hulu, Regu C Singkawang dan regu C dari Kafilah Mempawah

Ketua Majelis Hakim Ahmad Latif yang di bantu oleh 10 anggota menyatakan bahwa pagi hari ini merupakan hari terakhir untuk pelaksanaan cabang Fahmil Qur'an putri. Sedangkan Final peserta putra akan tampil setelah Shalat Dzuhur, sehingga kegiatan Fahmil quran seluruhnya hari ini sudah selesai.

Selain disaksikan oleh para pendamping dan penonton, pelaksanaan Cabang Famil  quran juga diawasi oleh pengawas  Dewan Hakim Fahmil Quran Nasional dari Makasar;  Prof. Dr. Amir Coning.

Pelaksanaan Final cabang fahmil qur'an dipusatkan di Gedung Mempawah Center. Dengan semangat juara para peserta menjawab setiap pertanyaan yang dibacakan oleh Dewan Hakim dengan  paket soal  lemparan masing-masing regu 12 soal.

Pada paket lontaran regu D dari Mempawah memperoleh nilai tertinggi yaitu 1.115 disusul regu a 875 dan c 775. Demikian pula pada Babak rebutan.Regu D terus melaju dengan memperoleh nilai tertinggi 1.318, sehingga dengan nilai terbaik itu, Kontingen Tuan Rumah Mempawah ditetapkan sebagai juara pertama Putri cabang Fahmil Quran pada MTQ XXVII Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2018.

Sebagai juara dua adalah peserta dari Kafialah Kab. Sintang dengan total nilai 975, disusul juara tiga dan empat masing-masing adalah Regu C dari Kafilah Kota Singkawang 875 dan  Regu B dari Kafilah Kab. Kapuas Hulu 325. (Ir-Inmas)