Rabu (03/10/2018) Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Sambas kedatangan tamu istimewa, beliau adalah menteri pendidikan United Arab Emiretes (UAE), Syekh Muhammad Abdullah Faris. Kedatangan beliau merupakan undangan dari sahabatnya, Bapak Bupati Sambas, H. Atbah Romin Suhaili, Lc yang memintanya untuk hadir di Sambas untuk bersilaturahmi sekaligus meresmikan Masjid Abu Bakar As-Siddiq yang berada di komplek MAN IC Sambas yang merupakan masjid yang dibangun dengan dana yang berasal dari hibah saudaranya, Syekh Isa Sholihul Qaroq. Beliau hadir di MAN IC Sambas sekitar pukul 11.30 siang didampingi oleh Bupati serta beragam instansi yang ikut mengawal kedatangan beliau.

Masjid Abu Bakar As-Siddiq sendiri sejatinya pengerjaannya sudah rampung setahun yang lalu, namun belum diresmikan, berhubung Syekh Muhammad Abdullah Faris sedang berkunjung ke Malaysia, Bapak Bupati Sambas memintanya untuk berkunjung ke Kabupaten Sambas dan mengajaknya ke MAN IC Sambas utuk meresmikan Masjid Abu Bakar As-Siddiq karena beliau adalah salah satu orang yang dianggap tepat untuk meresmikan masjid tersebut selain dari harapan Bapak Bupati Sambas agar kedatangan Menteri Pendidikan dari UAE tersebut dapat memberikan motivasi dan semangat belajar terhadap siswa-siswi MAN IC Sambas. Pada peresmian tersebut beliau menjadi imam shalat dzuhur.

Dalam sambutannya Syekh Muhammad Abdullah Faris mengatakan sangat bahagia bisa berkunjung ke Sambas. “Sebenarnya, saya sudah lama ingin berkunjung ke Sambas karena saya dengar sahabat saya sendiri yang menjadi bupatinya dan sekarang saya sangat senang bisa berkunjung ke sini, di sini Saya merasa menjadi bagian dari keluarga masyarakat Sambas,” ucapnya. Selain itu, ia juga mengatakan senang bisa bertemu siswa-siswi dan guru-guru ysng ada di MAN IC Sambas dan hal tersebut mengingatkannya dulu ketika ia masih menjadi guru. Tak lupa ia juga memuji Kabupaten  Sambas dan mengatakan bahwa beliau akan bercerita kepada masyarakat di United Arab Emirates bahwa Sambas itu luar biasa.(ded/hmsic)