Hari Rabu merupakan pelaksanaan hari terakhir Try Out Tingkat SD/MI. MIN Sukadana merupakan salah satu MI yang ada di Kecamatan Sukadana dan merupakan satu-satunya MIN yang ada di wilayah kerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kayong Utara. Try Out (TO) yang berlangsung sejak hari senin kemarin merupakan salah satu upaya untuk mempersiapkan diri bagi para siswa untuk menghadapi ujian sekolah/madrasah. Berdasarkan surat edaran dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara Nomor 420/235/Pend-II.A tentang Pelaksanaan TO SD/MI tahun pelajaran 2017/2018.

Berdasarkan edaran tersebut, maka sehubungan dengan akan dilaksanakannya Ujian Sekolah tingkat SD/MA tahun pelajaran 2017/2018, maka tiap satuan pendidikan tingkat SD/MI perlu untuk mengadakan Try Out (TO) yang dimulai dari hari Senin tanggal 5 Maret 2018 sampai dengan Rabu tanggal 7 Maret 2018. Adapun untuk mata pelajaran yang di TO kan hanya tiga mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia yang pelaksanaannya pada hari Senin, Matematika pada hari Selasa dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada hari ini, Rabu 7 Maret 2018. Untuk setiap mata pelajaran yang di TO kan diberikan waktu bagi siswa untuk mengisi jawaban pada lembar jawaban selama 120 menit atau tepatnya 2 jam. Dan waktu pelaksanaan TO tersebut di mulai dari pukul 07.30 WIB sampai dengan 09.30 WIB atau lebih kurang 120 menit.

Berdasarkan informasi yang didapat dari salah seorang guru yang ada di MIN Sukadana, Mukhamad Yasir, S. Pd, I menjelaskan bahwa Semua Soal TO berasal dari DInas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara, acuan pelaksanaan TO mengacu pada POS USBN. Sementera POS UAMI untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang dari Kementerian Agama masih belum ada, yang ada baru untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Yasir juga menginformasikan bahwa ada sekitar 59 orang siswa MIN Sukadana menjadi peserta TO, 8 Orang Panitia dan 6 Orang Pengawas Ruang TO. Sebanyak tiga ruang kelas yang digunakan untuk melaksanakan TO tersebut, dan dua kelas masing-masing diisi oleh 20 orang siswa peserta TO dan satu kelas berjumlah 19 orang siswa serta masing-masing ruang TO diawasi oleh 2 orang pengawas ruang.

Yasir juga mengutarakan sebelum bel berbunyi menandakan Siswa-siswi peserta TO diperbolehkan menjawab soal-soal TO, sebelumnya tepat pukul 06.45 WIB semua unsur yang terlibat dalam pelaksanaan TO MIN Sukadana melakasanakan breefing bersama. Breefing tersebut terjadi di dua tempat. Breefing yang dilakukan di ruang sekretariat adalah breefing yang dilakukan oleh panitia, guru dan pengawas TO, sedangkan breefing antara guru dengan siswa dilaksanakan di halaman MIN Sukadana. Breefing tersebut dilaksanakan untuk merefleksi pelaksanaan TO hari sebelumnya dan mempersiapkan serta memantapkan pelaksanaan TO hari ini. Seusai breefing, para panitia menyerahkan dokumen soal dan LJK (Lembar Jawaban Komputer) kepada pengawas ruang.

Lebih lanjut, Yasir juga mengatakan bahwa di ruang Try Out, 15 menit sebelum pukul 07.30 WIB, pengawas ruang membimbing para siswa peserta TO dalam mengisi identitas LJK (Lembar Jawaban Komputer). Jadi, waktu 120 menit tersebut murni digunakan oleh siswa-siswi MIN Sukadana peserta TO untuk mengerjakan soal. (Maulina)