Dalam rangka mengisi bulan suci Ramadhan tahun ini,MIN Teladan Sanggau menggelar kegiatan pesantren Ramadhan selama satu hari bagi para siswanya pada Selasa (13/06). Rangkaian kegiatan ini meliputi sholat Dhuha berjamaah, ceramah ramadhan, khataman dan tadabur alam.

Sejak pagi, para siswa Nampak berkumpul di halaman depan MIN Teladan Sanggau. Mereka akan mengikuti prosesi sholat Dhuha berjamaah yang di gelar di lapangan. Tampak semua kamar mandi dan deretan kran penuh dengan para siswa yang antre mengambil air wudhu. Begitu juga ketika setelah berwudlu,para siswa ramai berebut tempat untuk menggelar sajadahnya. Namun untuk mengatasinya guru-guru sudah melakukan antisipasi. Saidi, S.Pd dan Barokah, S.Pd, dua orang guru muda andalan MIN Teladan Sanggau ini tampak sibuk menenangkan para siswa dan mengatur barisan shaf-shaf dalam sholat.

Kemudian sholat Dhuha dipimpin oleh Ahwanudin, S.Pd.I, guru kelas V yang dikenal piawai dalam ilmu tilawah Qur’an. Usai sholat Dhuha, Barokah, S.PdI yang juga merupakan ustadz dan khotib jumat memberikan uraian ceramah. Barokah mengajak agar para siswa walaupun berpuasa, namun tetap belajar, rajin ibadah dan menjaga akhlaknya.

Usai prosesi sholat Dhuha, para siswa kemudian masuk ke kelas masing-masing untuk membaca Al-qur’an dengan metode semakan. Satu persatu mereka membaca dan disimak oleh guru wali kelasnya. Direncanakan, usai sholat dhuhur berjamaah, para siswa akan menjalani kegiatan tadabur alam. (Fathur-Sanggau)