MEMPAWAH: Kamis (23/3/17) Kepala Seksi Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Mempawah Ikhwan Pohan melakukan monitoring ujian akhir madrasah berbasis nasional (UAMBN) di MAS Rahmatan Lil Alamin Wajok Hilir Siantan. Monitoring tersebut dilakukan tatkala para peserta sudah memulai mengerjakan soal, dengan disambut oleh para guru yang sedang mengawas pelaksanaan ujian.

Ikhwan Pohan mengatakan pelaksanaan UAMBN tahun 2017 masih seperti tahun-tahun sebelumnya yaitu terdiri dari 6 mata pelajaran yaitu Al Quran Hadits, Akidah Akhlak, SKI, Fiqih, dan Bahasa Arab yang kesemuanya merupakan mata pelajaran rumpun Agama Islam. Ia mengatakan bahwa monitoring perlu dilaksanakan dalam rangka untuk mengukur ketercapaian kompetensi peserta didik sesuai dengan satandar kompetensi kelulusan.

Penilaian hasil belajar tersebut dilakukan melalui Ujian Nasional (UN), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Sekolah/Madrasah (US/M). Menurutnya juga bahwa untuk Tahun Pelajaran 2016/2017 UAMBN di kombinasikan dengan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) PPKN dan IPS, sesuai dengan Keputusan Jenderal Pendidikan Islam no 151 tahun 2017. (rudi/mpw).