Selasa,18 Juli 2017 di MTSN Nanga Pinoh dilaksanakan upacara pembukaan MOS bagi peserta didik baru tahun pelajaran 2017/2018 yang diikuti seluruh elemen madrasah.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan  Indonesia Raya oleh seluruh peserta. Kemudian dilanjutkan dengan pengarahan oleh pembina upacara Kepala MTs Negeri Nanga Pinoh Kabupaten Melawi H. Sugeng, S.Ag.

Dalam amanatnya beliau menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta didik baru yang akan menempuh pendidikan di MTsN Nanga Pinoh. Mereka yang nantinya akan bergabung menjadi warga MTsN Nanga Pinoh hendaklah memiliki semangat dan optimis dalam belajar, melaksanakan perintah agama terutama sholat 5 waktu.

Di MTsN Nanga Pinoh juga akan dikenalkan sholat sunat seperti sholat dhuha yang akan dilaksanakan selama masa orientasi.

Tak lupa pula beliau mengucapkan terima kasih kepada Ketua Panitia PPDB Nandar,S.Ag beserta seluruh tim yang telah bekerja keras bahu membahu dalam pelaksanaan PPDB Tahun 2017.  

Beliau menambahkan bahwa tantangan yang berat bagi peserta didik baru adalah masa transisi yakni peralihan dari siswa sekolah dasar menjadi siswa remaja di sekolah menengah.Tentunya akan terdapat perubahan yang mengarah pada pembentukan katakter dan penemuan bakat dan minat dari para siswa.Untuk itu para siswa diharapkan mengikuti program ekstrakurikuler yang tersedia di madrasah Tsanawiyah Negeri Nanga Pinoh sesuai dengan minat dan bakatnya.

"Raih mimpi dan cita - cita setinggi mungkin dengan cara belajar dengan disiplin dan sungguh - sungguh agar kelak dapat bersaing didunia global," tegas beliau. Beliau juga menandaskan bahwa kakak kelas VIII dan IX dilarang terlibat dalam MOS demikian juga OSIS. Hal ini sesuai dengan amanat dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat untuk menghindari terjadinya praktek perpeloncoan.

Pada kesempatan ini beliau sekaligus menyematkan atribut MOS secara simbolis kepada peserta yang ditunjuk sebagai tanda dibukanya MOS tahun 2017.

Selamat datang siswa baru, semoga Allah senantiasa membimbing langkahmu mewujudkan cita - cita dan berjuanglah untuk dapat membanggakan orang tuamu.(Okta)