Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat akan menyelenggarakan lomba membaca dan memahami isi kandungan kitab kuning tingkat Provinsi atau Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) tahun 2017. Penyelanggaraan kegiatan ini diselenggarakan di Asrama Haji Kota Pontianak.

Demikian disampaikan oleh Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kanwil Kemenag Prov. Kalbar H. Wildan S.Hi usai menutup kegiatan Pentas PAI tingkat Provinsi Kaqlimantan Barat Senin, 21 Agustus 2017.

MQK yang akan diselenggarakan ini 2017 mengusung tema “Dari Pesantren untuk Penguatan Karakter dan Kepribadian Bangsa" tema ini menyesuaikan dengan tema yang diusung oleh panitia pusat yang akan menggelar MQK tingkat nasional pada bulan September 2017 mendatang.

“Dengan tema ini diharapkan mengingatkan kita dengan lembaga yang sangat mengakar dimasyarakat yakni keberadaan Pesantren sebagai lembaga pendidikan paling authentik yang lahir dari bumi pertiwi, jauh lebih awal sebelum bangsa ini merdeka,” jelas H. Wildan.

H. Wildan menyebutkan sejumlah kitab kuning karya ulama nusantara akan dimusabaqahkan dalam kesempatan MQK yang ini, diantaranya kitab syarah al-luma, bayan al-mulamma an alfadzil luma, kitab dalam bidang ushul fiqh karya KH Sahal Mahfudz. Kitab Manhaj dzawi an-nadzar, syarah Mazhumah al-atsar karya Syaikh Mahfudz Termas, kemudian risalah ahl sunnah wa al-jamaah Hadratusy Syaikh KH Hasyim Asy’ari.

Pantauan ASN Inmas Kanwil Kemenag Kalbar Irwanto menjelaskan bahwa mulai Selasa pagi, 22 Agustus 2017 pukul 08.00 WIB panitia akan mempersiapkan penyambutan kedatangan para peserta yang akan mengikuti kegiatan tersebut.

Selain itu Karyawati selaku panitia pelaksana harian MQK tingkat Provinsi menuturkan bahwa seluruh kabupaten kota akan hadir dalam kegiatan tersebut, oleh karena itu, berbagai persiapan seperti penginapan, area pertandingan dan akomodasi lainnya telah siap untu para peserta.

“Hingga saat ini, seluruh kabupaten Kota se Kalimantan barat telah menyatakan kesiapannya untuk mengikuti kegiatan ini, oleh karena itu kami optimis pelaksanaan MQK kali ini akan berlangsung meriah dan bergengsi,” jelas Kasi Pondok Pesantren, Karyawati. (Ir-Inmas)

Berita: